PERBEDAAN KREATIVITAS PRAKTEK MENGAJAR MAHASISWA DALAM PEMANFAATAN LABORATORIUM MICROTEACHING FKIP UNIVERSITAS ASAHAN

Anim Anim, Khairun Nisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kreativitas praktek mengajar mahasiwa secara signifikan dengan memanfaatkan laboratorium microteaching pada mahasiswa semester VI di Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Asahan, Kisaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VI Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VI pada Program studi Bahasa Indonesia dan Matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment (eksperimen semu). Analisis data dilakukan dengan analisis kovarians (Anakova). Hasil utama dari penelitian ini adalah secara keseluruhan mahasiswa pada program studi matematika yang pembelajarannya dengan memanfaatkan laboratorium microteachng secara signifikan lebih baik dalam meningkatkan kreativitas dalam praktik mengajarnya dibandingkan mahasiswa program studi bahasa dan sastra. Secara deskriptif juga dikaji jawaban dari rumusan masalah yaitu: secara klasikal tingkat kemampuan kreativitas pada program studi bahasa dan sastra hanya sebesar 3,125%, sedangkan pada program studi matematika sebesar 84,375%. Tingkat kemampuan kreativitas mahasiswa Prodi matematika rata-ratanya adalah 72,15 sedangkan tingkat kemampuan kreativitas mahasiswa program studi bahasa dan sastra rata-ratanya adalah 46,34.

Kata kunci: Kreativitas, Matematika, Bahasa dan Sastra, Laboratorium Microteaching.


Full Text:

Untitled

References


Ardi, M. (2014). Pelaksanaan Pembelajaran Micro Teaching Bagi Mahasiswa Program Studi PPKn STKIP-PGRI Pontianak. Jurnal Edukasi, 1(1), 75–84.

Dictionary, O. E. (1995). Concise Oxford Dictionary. UK: Oxford UP.

Sohibun, Febriyani, Y., & Maisaroh, I. (2017). Peranan Mata Kuliah Profesi Kependidikan dan Micro Teaching terhadap Kompetensi Professional Mahasiswa PPL fisika. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 57–65.

Torrance, E. P., & Goff, K. (1990). Fostering academic Creativity in Gifted Students. ERIC Digest E484. ERIC Document Reproduction Service No. 321489.

Unlu, M. (2018). Effect of Micro-Teaching Practices With Concrete Models On Pre-Service Mathematics Teachers’ Self-Efficacy Beliefs About Using Concrete Models. Universal Journal of Educational Research, 6(1), 68–82.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.