MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA SEI DUA HULU KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN ASAHAN

Zaid Afif, Mirza Syapiq, Agus Salam, Chairanda Al Azmi

Abstract


Keberadaan perangkat desa menduduki posisi yang penting, karena mengelola jalannya
adminsitrasi pemerintahan desa, sehingga dapat dikatakan dalam memberikan pelayanan
terhadap masyarakat desa, kemampuan pengelolaan administrasi sangatlah penting dimiliki oleh perangkat desa. Kegiatan Sosialisasi dan penyuluhan tentang tata kelola administrasi Desa merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian kepada masyarakat. Tujuan dari sosialisasi dan penyuluhan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas perangkat desa Pemdes Sei Dua Hulu, terutama dalam hal tata kelola administrasi. Penyuluhan dan sosialisasi dilakukan melalui dialog atau curah pendapat. Kegiatan ini akan meningkatkan kinerja dan kemampuan administrasi tenaga dan perangkat desa serta pengelola BUMDES di Desa Sei Dua hulu Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan. Ini akan mengubah pendekatan tradisional menjadi pendekatan profesional, yang akan meningkatkan pelayanan masyarakat.

Kata Kunci: Sosialisasi, Peningkatan Kualitas, Pelayanan Publik, Administrasi desa


Full Text:

PDF

References


Bambang Suprianto. “Literature Review: Penerapan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik.” Jurnal Pemerintahan Dan Politik 8, no. 2 (2023): 123–28. https://doi.org/10.36982/jpg.v8i2.3015.

Hartati, Suci, and Nurul Hidayati Murtafiah. “Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan Islam.” An Naba 5, no. 2 (2022): 86–102. https://doi.org/10.51614/annaba.v5i2.161.

Kariyani, Leni Nurul, Nurhayatun Nufus, and Dedi Supriadi. “Strategi Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Desa Poto, Kecamatan Moyo Hilir Tahun 2021.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 8 (2022): 3232–36. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.832.

Pongantung, Maria Cristina, Salmin Dengo, and Rully Mambo. “Manajemen Strategis Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Motoling Dua Kecamatan Motoling Kabupaten Minahasa Selatan.” Jurnal Administrasi Publik 7, no. 103 (2021): 76–86.

Rahmatillah, Mirza, and Ridwan Nurdin. “Peranan Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Ditinjau Dari Fiqh Siyasah Dan UU Desa No. 6 Tahun 2014.”

Jurnal Justisia : Jurnal Ilmu Hukum, Perundang-Undangan Dan Pranata Sosial 5, no. 2 (2020): 91. https://doi.org/10.22373/justisia.v5i2.8456.

Sabeni, Hiasinta, and Emei Dwinanarhati Setiamandani. “Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik.” JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 9, no. 1 (2020): 43–52.https://doi.org/10.33366/jisip.v9i1.2214.

Safitri, Selvi Dian, Yaqub Cikusin, and Hayat Hayat. “Upaya Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik.” Jurnal Indonesia Sosial Sains 3, no. 5 (2022): 784–92. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i5.582.

Simbolon, Dewi Sarah, Julita Sari, Yowisa Yolanda Purba, Nurtia Indah Siregar, Risa Salsabilla, and Yohana Manulang. “Peranan Pemerintah Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur.” Jurnal Kewarganegaraan 5, no. 2 (2021): 295–302. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1465.

Yanto Heryanto. “Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Menjalankan Fungsi

Administratif Pemerintahan Desa.” Ilmiah Indonesia 6, no. 9 (2021): 4789–4804. http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i9.4194.

Yoraeni, Anie, Hasan Basri, and Aprilia Puspasari. “Penerapan Sistem Informasi Pelayanan Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Dan Mewujudkan Smart Village.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6, no. 5 (2022): 4–10. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10655.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.