ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU BUNUT STUDI KASUS PADA TOKO SEPATU GUCCI

Abd. Khauf Pase, M. Saleh Malawat, Rumondang Rumondang, Darma Syahputra, Sasa Aprilia Amanda, Widya Ayu Pratiwi

Abstract


Mengingat perkembangan zaman saat ini, fashion Indonesia semakin berkembang. Semua perusahaan hendaknya memperhatikan dan mempertimbangkan kualitas produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk Sepatu Gucci, serta untuk mengetahui variabel-variabel yang berpengaruh dan tidak mempengaruhi keputusan pembelian produk Sepatu Gucci. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang sudah melakukan pembelian sepatu Gucci tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji T, Uji F.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk tidak mempunyai pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, namun variabel harga mempunyai pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, dan sekaligus terdapat hubungan antara kualitas produk dan harga yang tidak mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Ini menunjukkan bahwa ada. Variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah variabel harga.

 

Kata Kunci : Kualitas produk, harga, dan keputusan pembelian


Full Text:

PDF

References


Agustina, E., Lie, D., Butarbutar, M., & Nainggolan, N. T. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Percetakan Aneka Jaya Pematangsiantar. Maker: Jurnal Manajemen, 5(1), 38-49.

Dr. Meithiana Indrasari. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan . Surabaya: Unitomo Press. (BAB II)

Fayakun, C. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPATU CONVERSE (Studi kasus pada mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya). JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen, 3(1).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Humam, L., Arifin, R., & ABS, M. K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Association, Brand Image, Brand Trust, Price Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merk Vans (Studi kasus pada pembelian Sepatu Sneakers merek Vans Di Infusionstore Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(13).

Mahardika, A. W. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu VANS (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Muhammad Anang Firmansyah. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media

Siahaan, A. S., & Setiawati, C. I. (2018). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Vans. eProceedings of Management, 5(3).

STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). (n.d.). (n.p.): GUEPEDIA.

Sugiyono . (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit CV. ALFA BETA

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Purnamasari, K. (2017). Penembangan Pemberdayaan Pemerintah Daerah Dengan Pengrajin Sepatu Sebagai Produk Unggulan Daerah (Studi Pada Kampung Sepatu Di Kelurahan Miji Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto). Universitas Brawijaya: Malang.

Tri, Winarni. 1998. Memahami Pemberdayaan Masyarakat Desa Partisipatif dalam Orientasi Pembangunan Masyarakat Desa menyongsong abad 21: menuju Pemberdayaan Pelayanan Masyarakat. Yogyakarta: Aditya Media.

Koentjaraningrat. (1993). Metode-Metode Penelitian Masyarakat Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia.

Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Zakaria, A. dkk. (2021). Pemberdayaan Industri Rumahan Sandal Dan Sepatu Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus Desa Sukamakmur, Kabupaten Bogor). Khidmatul Ummahh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 02 Desember 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.