ETNOMATEMATIKA PEMBELAJARAN HIDROPONIK DI SMKN SPP ASAHAN

Mapilindo Mapilindo, Cik Zulia, Sri Rahmayanti

Abstract


Pertanian adalah bagian penting dari budaya Indonesia. Budaya pertanian cenderung ditinggalkan oleh generasi sekarang dengan pesatnya perkembangan jaman. Etnomatematika berfungsi sebagai sarana pertukaran pengetahuan antara budaya dan pendidikan. Metode pembelajaran yang menunjang banyak menggunakan media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana materi hidropinik diajarkan di SMK Negeri SPP Asahan. Kegiatan pertanian membantu siswa belajar matematika dan mengenal dan melestarikan budaya mereka. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriftif kualitatif yang menggunakan observasi dan tes. Penelitian ini menyelidiki pengetahuan siswa tentang hidroponik. Informasi tentang sejarah dan pengembangan hidroponik untuk membantu siswa memahami prosesnya..

 

Kata kunci: Etnomatematika, Hidropnik, Pembelajaran Matematika


Full Text:

PDF

References


Hartanto E, Suhartini T, Rahayu E. 1999. Budidaya Kacang Panjang. Penebar Swadaya. Jakarta.

Indriyarti, L 2017. Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang .MI. Jurnal Ilmiah Ilmiah “Pendidikan Dasar” IV (1) : 21-31

Komalasari, K. 2012. Pembelajaran Konstekstual : Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung..

Marsigit. 2016. Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Budaya 2016, dengan Tema: Etnomatematika, Matematika dalam Perspektif Sosial dan Budaya. Sumatra Barat. Indonesia. Hal 1-38.

Rachmawati, I. 2012. Eksplorasi matematika Masyarakat Sidoarjo. MATHEdunesa, 1 (1)

Richardo, R. 2016. Peran ethomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. Jurnal Literasi VII (2) : 118- 125

Setianingsih T, Khaerudin. 1991. Pembudidayaan Buncis Tipe Tegak Dan Merambat. Penebar Swadaya. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.