PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PELAKU UMKM DI KABUPATEN ASAHAN

Abdul Khauf Pase, Saria Sinaga, Ahmad Rifandy Siregar, Azzizah Siregar, Rizky Alfhani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan pendapatan pelaku UMKM Di Kabupaten Asahan. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Desember 2023 dengan populasinya pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Asahan sehingga di dapat 88 sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan survey dengan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan kuesioner sebagi alat untuk mengumpulkan data dari responden dan melakukan analisis data untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya ada pengaruh antara strategi pemasaran online dengan peningkatan pendapatan pelaku umkm artinya apabila strategi pemasaran online dijalankan dengan baik dan benar maka akan dapat meningkatkan pendapatan bagi pelaku UMKM.

 

Kata kunci: Startegi Pemasaran Online, Pendapatan, Pelaku Umkm


Full Text:

PDF

References


Agnesia, V., & Saputra, A. J. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Commerce, Financial Technology dan Media Sosial Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Kota Dumai. E-Jurnal Akuntansi, 32(3), 750. https://doi.org/10.24843/EJA.2022.v32.i03.p15

Aprilyan, Y., Sasanti, E. E., & Nurabiah. (2022). PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN LOMBOK BARAT. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.29303/risma.v2i2.216

Gustina, L., Novita, W., & Triadi, Y. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.47233/jteksis.v4i1.392

Hardani, H., Andriani, H., Ustiawaty, J., & Utami, E. F. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF & KUANTITATIF. Pustaka Ilmu. http://eprints.itn.ac.id/13681/

Krisnawati, I., Ubaidi, I. A., Rais, H., & Batu, R. L. (2019). Strategi Digital Marketing dalam Perdagangan Hasil Tani untuk Meningkatkan Pendapatan Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v10i2.838

Madrianah, M., Kausar, A., Muchsidin, F. P., & Verawaty, V. (2023). Pengaruh E-Commerce terhadap Pendapatan UMKM yang Bermitra Gojek dalam Masa Pandemi Covid-19 di Kota Makassar. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 6(1), Article 1. https://doi.org/10.35914/jemma.v6i1.1659

Novita, N. A., Oktianingrum, S., & Sanjaya, V. F. (2022). PENGARUH DIGITALISASI PEMASARAN (PEMASARAN ONLINE) TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM PADA PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Al-Dzahab, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.32939/dhb.v3i1.1037

Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Pascal Books.

Ramida, Mustari, Dinar, M., Supatminingsih, T., & Nurdiana. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.26858/je3s.v3i1.107

Saad, W. N. (2017). PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN SENTRA INDUSTRI KERIPIK PISANG BANDARLAMPUNG DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi pada Sentra Industri Keripik Pisang di Kota Bandarlampung) [Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/2609/

Setiawan, T. F., Suharjo, B., & Syamsun, M. (2018). Strategi Pemasaran Online UMKM Makanan (Studi Kasus di Kecamatan Cibinong). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.29244/mikm.13.2.116-126

Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE TERHADAP PENINGKATAN LABA UMKM. PROCEEDINGS, 1(1), Article 1. http://www.ejurnal.stiedharmaputra-smg.ac.id/ index.php/PRO/article/ view/263

Sukarnoto, T., Nurjati, N., & Rani, V. (2021). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online Pengembangan Usaha Mikro Kecil. Etos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.47453/etos.v3i1.352

Supandi, A., & Johan, R. S. (2022). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE TERHADAP PENDAPATAN PELAKU UMKM DI KECAMATAN CILANDAK. 9(1).

Syarif, A. Y., Syamsia, S., Rohana, R., Saleh, S., & Tahir, R. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Pemasaran Online Untuk Perluasan Pasar Pada Kelompok Tani Hutan Lamperangan. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i3.1933

Widyayanti, E. R., & Insiatiningsih, I. (2021). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE DENGAN APLIKASI GOJEK FITUR GOFOOD TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA KULINER DI YOGYAKARTA. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 8(1), 80–95. https://doi.org/10.32477/jrm.v8i1.249


Refbacks

  • There are currently no refbacks.