SURVEY PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN INOVATIF OLEH GURU BAHASA INDONESIA

Wan Nurul Atikah Nasution, Rafika Muspita Sari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang bertujuan: 1) Untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran digital; 2) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa meningkat setelah penggunaan media pembelajaran berbasis digital; 3) Untuk mengetahui hambatan dalam merancang media pembelajaran digital. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survey dengan menggunakan subjek guru Bahasa Indonesia sebagai mahasiswa Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan tahun 2023. Intrument yang digunakan adalah angket/kuesioner. Adapun hasil penelitian yang didapatkan adalah 1) Media pembelajaran digital yang digunakan guru Bahasa Indonesia sebagai mahasiswa Pendidikan Profesional Guru dalam Jabatan tahun 2023 adalah Youtube, Powerpoint, Canva, Google Form, Google Classroom, Google Drive, Tiktok, Capcut, Whatsapp, dan Vclouck; 2) Penggunaan media pembelajaran digital oleh guru Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia; 3) Hambatan yang dialami guru Bahasa Indonesia dalam menggunakan media pembelajaran digital adalah kurangnya pengetahuan guru, kendala guru dalam memanfaatkan komputer sebagai media pembelajaran, kendala guru memanfaatkan internet, kendala guru menggunakan infokus dan komputer/laptop sebagai media pembelajaran, ketersediaan infokus dan printer, aliran listrik serta jangkauan layanan internet ke semua kelas, kendala guru dalam mengkondisikan media IT (tingkat kejelasan visual dan audio) dengan keadaan kelas dan keadaan siswa, dan kendala guru dalam menyesuaikan media IT dengan materi pembelajaran.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran Digital, Media Inovatif, Guru Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Budiman, Arief, dkk. (2017). Biodesel Bahan Baku, Proses dan Teknologi. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Canva. (2020). “Canva for Education - Free Graphic Design Tool for Schools.” Canva for Education. Diakses 8 Januari 2021, dari https://www.canva.com/education/

Devi, Adella Aninda. (2022). “Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran”. Jurnal EPISTEMA, Vol.3 (1), hlm 11.

Guru Belajar 86. (2020). Pemanfaatan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran. Diakses 10 Desember 2023, dari https://www.gurubelajar86.com/2020/12 /pemanfaatan-google-form-untuk evaluasi.html

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). “Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur.” Jurnal Ilmiah Potensia, Vol. 6 (1), hlm 66-77.

Munadi, Yudhi. (2010). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharti, S., Nur, F., & Khusnah, N. (2021). “Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Online.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3 724

Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). “Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa PGSD: Apa, Mengapa, dan Bagaimana?” Current Research in Education: Conference Series Journal, hlm 1-7. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Theresia, E., Rohana, R., & Ayu, I. R. (2023). “Pengembangan Media Video Blog (Vlog) Berbasis Kearifan Lokal Materi Kegunaan dan Siklus Air Pada Siswa Kelas V SD.” JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 11(1). https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14400


Refbacks

  • There are currently no refbacks.