ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING

Sri Rahmah Dewi Saragih, Nur Izzayu, Yoga Syahputra, Khairani Khairani

Abstract


Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model atau pedekatan pembelajaran problem based learning.Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTSS SEI KEPAYANG pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan dikarenakan rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada saat pembelajaran dikelas yang ditinjau dari  ketika guru memberi sebuah pertanyaan, masih banyak peserta didik yang tidak berani menyampaikan jawaban atau pendapat mereka dikarenakan banyak peserta didik yang kurang mampu dalam menghubungkan pemahaman yang dimiliki dalam menyelesaikan masalah,sehingga peserta didik kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa penggunaan model atau pendekatan pembelajaran problem based learning memberikan pengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan permasalahan.

Kata kunci: Problem Based Learning,Kemampuan Berpikir Kritis,Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2008). Learning to Teach. Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arsyad,Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Rajawali Pres.Jakarta.

Baden,Maggi.,&Major,Claire.(2004). Foundation of problem based learning.USA.University Press

Bezanilla, M. J., Fernández-Nogueira, D., Poblete, M., & Galindo-Domínguez, H. (2019). Methodologies for teaching-learning critical thinking in higher education: The teacher’s view. Thinking Skills and Creativity, 33. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.100584

Fukuzawa, S., Boyd, C., & Cahn, J. (2017). Student Motivation in Response to Problem-based Learning. Collected Essays on Learning and Teaching, 10, 175–188. https://doi.org/10.22329/celt.v10i0.4748

Gunawan, G., Harjono, A., Herayanti, L., & Husein, S. (2019). Problem-based learning approach with supported interactive multimedia in physics course: Its effects on critical thinking disposition. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1075–1089. https://doi.org/10.17478/jegys.627162

Masek, A. Bin. (2011). The effect of problem-based learning on the critical thinking of students in the intellectual and ethical develo. Jurnal International Review of Social Sciences and Humanities, Vol.2(1), 215–221.

Mulyanto, H., Gunarhadi, G., & Indriayu, M. (2018). The Effect of Problem Based Learning Model on Student Mathematics Learning Outcomes Viewed from Critical Thinking Skills. International Journal of Educational Research Review, 3(2), 37–45. https://doi.org/10.24331/ijere.408454

Snyder, L. G., & Snyder, M. J. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills How Critical Thinking Relates to Instructional Design. The Delta Pi Epsilon Journal, 1(2), 90–100.

Ulger, K. (2018). The effect of problem-based learning on the creative thinking and critical thinking disposition of students in visual arts education. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 12(1), 3–6. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1649


Refbacks

  • There are currently no refbacks.