ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI STRUKTUR TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ

Khairun Nisa, Rizka Ardiyanti, Rindi Tiami, Pradita Sugesti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memahami struktur teks eksplanasi menggunakan media pembelajaran quizizz, Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan soal tes kepada siswa kelas XI MA Al-Fajar Air Batu sebanyak 21 siswa. Soal tes yang diberikan kepada siswa yaitu 10 soal pilihan ganda dengan materi struktur teks eksplanasi Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini ditemukan bahwa kemampuan siswa memahami struktur teks eksplanasi menggunakan media pembelajaran quizizz mendapatkan nilai rata-rata sebesar 82.

 

Kata kunci: struktur teks eksplanasi, media pembelajaran, quizizz


Full Text:

PDF

References


Ariyati, D. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia berbasis literasi digital di era 4.0: tantangan dan harapan. Fkip E-Proceeding, 151–160.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99.

Hartanto, C. F. B., Rusdarti, R., & Abdurrahman, A. (2019). Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 163–171.

Hilir, A., & Kom, S. (2021). Pengembangan Teknologi Pendidikan Peranan pendidik dalam menggunakan media pembelajaran. Penerbit Lakeisha.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.

Khotimah, H., Astuti, E. Y., & Apriani, D. (2019). Pendidikan Berbasis Teknologi (Permasalahan Dan Tantangan). Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Bintang, 2(3), 418–430.

Manasikana, A., & Anggraeni, C. W. (2018). Pendidikan karakter dan mutu pendidikan indonesia.

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Nasrillah, E., Kosasih, E., & Kurniawan, K. (2019). Teks Eksplanasi Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di Kelas Xi Sman 5 Bandung (Kajian Deskiptif Kualitatif terhadap Fungsi, Struktur dan Kaidah Kebahasaan dalam Proses Pembelajaran Berbasis Genre). Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 3(1), 68–73.

Samsinar, S. (2020). Urgensi learning resources (sumber belajar) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 194–205.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.