MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PELUANG

Elfira Rahmadani, Syahriani Sirait, Anim Anim, Ely Syafitri, Vici Virawati, Uci Pratiwi, Rini Rini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya ppengaruh pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi peluang di kelas VII SMP Negeri 1 Kisaran. Jenis Penelitian ini adalah Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII  yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian ada 2 kelas (Kelas VIII-1 dan VIII-2)  yang diambil secara proposive sampling. Pada kelas VIII-1  sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran Mind Mapping dan kelas VIII-2 sebagai kelas control dengan pembelajaran ekspositori. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh post-test dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 80,085 dan kelas kontrol 68,971. Hasil uji t diperoleh thitung = 5,295 > ttabel = 1,668, maka Ha diterima. Dengan demikian diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi peluang di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kisaran Tahun Ajaran 2021/2022.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Mind Mapping, Peluang, Pemecahan Masalah, Matematika


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Darusman, Rijal. (2014). Penerapan Model Mind Mapping (Peta Pikiran) ntuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Siswa.Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung.Vol 3, No.2.Halaman 168-269.

Istarani, (2014), 58 Model Pembelajaran Inovatif, Penerbit Media Persada, Medan.

Mawaddah, S. &Anisah, H. 2015.Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP.EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika.Vol. 3 No. 2, hlm 166 – 175.

Putria, N.D. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Self-Efficacy Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistik.Jurnal Mathematics Pedagogik, FKIP Universitas Asahan.Vol VII No.1 September 2017. Halaman 45

Purba, O.N., Sirait, S. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Model LAPS-Heurisstic di SMA Shafiyyatul Amaliyah. Jurnal Mathematics Pedagogik, FKIP Universitas Asahan.Vol VII No.1 September 2017.Halaman 32-33.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sudjana, (2009), Metoda Statistika, Tarsito, Bandung

Sudijono, A. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Trianto.2014. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.