PERANAN PSIKOLOGI DALAM PROSES PERKULIAHAN MAHASISWA DI KAMPUS

Hanina Hanina, Atikah Rahmah Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan psikologi dalam proses perkuliahan mahasiswa di kampus. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literature (library research), dimana  pembahasan pada penelitian ini didasarkan pada pendapat-pendapat ahli dan hasil-hasil penelitian terdahulu tentang psikologi dan proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa dosen dalam  menjalankan  perannya sebagai pendidik bagi peserta didiknya, tentunya dituntut    memahami    tentang berbagai aspek perilaku dirinya maupun perilaku orang-orang yang terkait dengan     tugasnya, terutama perilaku peserta didik dengan segala aspeknya, sehingga dapat menjalankan    tugas dan perannya secara efektif, yang pada gilirannya dapat memberikan kontribusi nyata bagi pencapaian tujuan pendidikan di kampus/universitas. Dengan memahami karekteristik  mahasiswa  maka dosen akan menjadi bijak  dalam  menyiapkan media pembelajaran, proses belajar mengajar itu sendiri, bahkan dalam memberikan penialaian.

 

Kata kunci: psikologi, pendidikan, pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Bruner, J. 1985. Vygotsky: An historical and conceptual perspective. Culture, communication, and cognition: Vygotskian perspectives, 21-34. London: Cambridge University Press.

Driscoll, M.P. 2007. Psychology of Learningfor Instruction. Boston: Allyn and Bacon.

Jamaris Martini, 2013. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Ngalim Purwanto, 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Safwan Amin, 2005. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, 2006. Psikologi Pendidikan, (Online), (http://andragogi.com, diakses 28 Maret 2018).

Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.