PENGARUH LOKASI DAN FASILITAS PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH SEKOLAH PADA SMK SWASTA TELADAN SUMUT-1

Ahmad Fadli

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh lokasi dan fasilitas terhadap keputusan memilih. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu karyawan SMK Swasta Teladan Sumut I yang berjumlah 96 responden  sedangkan teknik penentuan dengan sampel jenuh. Sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Kemudian 30 responden dipilih untuk digunakan dalam uji instrument penelitian sedangkan sisanya 66 responden dijadikan sampel. Adapun sumber data dalam penelitian ini dari data primer dan data sekunder. Dimana data primer dari observasi, wawancara dan kuesioner. Sedangkan data sekunder dapat dari data yang sudah didokumentasikan. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda yaitu  2,906 + 0,290X1 + 0,287X+ e yang menjukkan lokasi dan fasilitas pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih sekolah. Sedangkan hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa lokasi dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih . Hasil koefisien determinasi dengan nilai regresi korelasi sebesar 64,2% variasi variabel terikat yaitu lokasi dan fasilitas belajar pada model dapat menjelaskan variabel keputusan memilih sekolah pada SMK Swasta Teladan Sumut-1 sedangkan sisanya sebesar 35,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.

 

Kata Kunci : lokasi, fasilitas pendidikan, keputusan memilih  sekolah

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali Hasan. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publisher Service).

Chaniago, N. S. (2018). Pengaruh Bauran Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Kuliah Pada Politeknik Unggul LP3M. JIPI, 2(1), 38–50.

Danang Sunyoto. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Cetakan 2). Yogyakarta: CAPS.

Fadli, N. M. Z. F. A. (2020). Analysis Of Impact Factors On College Decisions On Private College Lecture In Medan City. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 9(3), 18–24.

Keller, P. K. K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Loindong, N. C. L. S. L. M. S. S. R. (2015). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Taman Wisata Toar Lumimuut (Taman Eman) Sonder. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 1072–1083.

Lubis, S. E. W. A. F. A. N. (2019). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Politeknik Unggul LP3I Medan Kampus Medan Baru. Journal of Management Review, 3(3), 369–378.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Teori Dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Nasib. (2019a). Optimalisasi Personal Selling, Lokasi Dan Harga Dalam Meningkatkan Keputusan Mengikuti Program Kepemilikan Rumah KPR Tipe 36. Jurnal Mantik Penusa, 3(1), 14–20.

Nasib, M. S. (2019b). Pengukuran Kepuasan Pengguna Kereta Api Indonesia (Persero) Medan Melalui Fasilitas Dan Pelayanan. Abdi Ilmu, 12(2), 51–57.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryaningsih, N. E. S. M. D. I. B. (2016). Konfirmatori Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Studi di Akademik Kebidanan Jember. Bisma Jurnal Bisnis Dan Manejemen, 10(1), 14–28.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.