PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, INOVASI DAN CITA RASA MAKANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG WISATA DANAU BUATAN KELAPA GADING KISARAN

Heri Prasuhanda Manurung, Hadi Suriono

Abstract


ABSTRAK

 

Peneliti melakukan observasi mengenai kondisi ini, berdasarkan observasi tersebut ada beberapa permasalah pada objek wisata danau buatan kelapa gading antara lain, mengenai kualiatas pelayanan, inovasi dan cita rasa makanan yang ada di danau kelapa gading berefek pada kepuasan pengunjung danau buatan kelapa gading.Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis permasalahan yang ada dengan pengamatan khusus apakah kualitas pelayanan, inovasi dan cita rasa makanan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung danau buatan kelapa gading Kisaran.Berdasarkan hasil uji F (Serempak) dapat dijelaskan bahwa Fhitung > Ftabel (37,497 > 2,77). Oleh karena itu, hasil ini membuktikan bahwa seluruh variabel bebas dalam penelitian ini berpengaruh secara serempak terhadap variabel terikat, atau dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan, inovasi dan cita rasa berpengaruh secara serempak terhadap kepuasan pengunjung.Berdasarkan Hasil uji parsial pada variabel kualitas pelayanan diketahui thitung > ttabel (4,074>2,002) dan nilai signifikansi 0,000<0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima Ha yang artinya kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung.Hasil uji parsial pada variabel inovasi kerjadiketahui thitung< ttabel (2,659> 2,002) dan nilai signifikansi 0,010>0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima Ha yang artinya inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung.Hasil uji parsial pada variabel cita rasa makanan diketahui thitung < ttabel (1,680< 2,002) dan nilai signifikansi 0,099> 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan menolak Ha yang artinya cita rasa makanantidak berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung.

 

Kata Kunci :Kualitas, inovasi, cita rasa, kepuasan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari, 2011, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Penerbit Alfabeta, Bandung..

Kotler, Philip, 2009, Manajemen Pemasaran di Indonesia. Edisi 13, Jakarta: Erlangga.

-----------------, dan Gary Armstrong, 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 Edisi Keduabelas, Penerbit Erlangga, Jakarta.

-----------------, dan Kevin Lane Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Alih Bahasa: Benyamin Molan, Jilid 1 Edisi Keduabelas, Indeks, Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi.Edisi 3. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktek, Edisi Pertama, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Bisnis, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, dan Wibowo Eri, 2006, Statistik Penelitian, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2006. Brand management and strategy. Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Andi.

-----------------, 2005,Brand management and strategy, Yogyakarta: Penerbit Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.