PENGARUH FAKTOR SOSIAL DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH PADA PERUMAHAN BUNUT GARDEN KISARAN

Hanina Hanina, Karimaliana Karimaliana

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor sosial (X1) dan faktor psikologis (X2) terhadap keputusan pembelian rumah pada Perumahan Bunut Garden Kisaran (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penghuni yang menempati Perumahan Bunut Garden Kisaran dan sampel sebanyak 95 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif dan regresi linier berganda dengan menggunakan uji simultan, uji parsial dan analisis determinasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory dan hipotesis di uji dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan nilai α yaitu 5%. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil analisis data dengan metode analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa faktor sosial (X1) dan faktor psikologis (X2) secara bersama-sama positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian rumah pada Perumahan Bunut Garden Kisaran (Y) dengan koefisien regresi X1 = 0.273 dan X2 = 0.416. Pengujian Fhitung diperoleh sebesar 5.687 lebih besar dari Ftabel sebesar 3.09. Secara parsial dapat dilihat bahwa faktor psikologis yang paling dominan mempengaruhi konsumen melakukan pembelian rumah pada Perumahan Bunut Garden Kisaran. Sedangkan koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R2 0.332%. Artinya, variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh adanya variabel faktor sosial dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian rumah. Angka R Square sebesar 0,11 menunjukkan bahwa 11 persen keputusan pembelian konsumen dapat dijelaskan oleh faktor sosial dan faktor psikologis. Sedangkan sisanya 89 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : Faktor Sosial, Faktor Psikologis dan Keputusan Pembelian

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Basu Swastha, DH dan Irawan. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty:Yogykarta. 2003.

Boyd, Harper W, et.al. Manajemen Pemasaran. Edisi kedu. Erlangga : Jakarta. 2000.

Engel, James, et.al. Perilaku Konsumen, Ahli Bahasa oleh Drs. FX. Budiyanto, Jilid Satu, Bina Aksara : Jakarta. 2003.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS, Edisi Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. 2005.

Huriyanti, Ratih. Bauran Pemasaran dan loyalitas konsumen, Cetakan Pertama, Alfabeta : Bandung. 2005.

Kristianto. Psikologi Pemasaran, Buku Seru : Yogjakarta. . 2011.

Kotler dan Amstrong. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Edisi ke-12, Alih Bahasa Bob Sabran. Jakarta: Erlangga. 2008.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Frenhalindo : Jakarta. 2002.

Lamb, Hair dan MC. Daniel. Pemasaran, Buku Satu, Edisi Pertama. Salemba Empat : Jakarta. 2001.

Mowen, C. John dan Michel Minor. Perilaku Konsumen. Erlangga : Jakarta. 2001.

Setiadi, Nugroho. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media : Jakarta. 2003.

Schiffman, et. Al. Consumer Behaviour, USA : Prentice Hall. 2000.

Sigit, Soehardi. Pemasaran Praktis, Edisi Ketiga, BPFE : Yogyakarta. 2002.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Keenam, Bandung :Alfabeta. 2006. Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alfabeta. .2005.

Sumarman, Ujang. Perilaku Konsumen, Cetakan Kedua, Ghalia Indonesia :Jakarta. 2004.

Isnansetyo A., dan_Et Kurniastuty. 1995. Teknik Kultur Phytoplankton Pakan Alami Untuk Pembenihan Organisme Laut. Penerbit Kanisius Yogyakarta.

Iskandariah. 2013. Keragaman genetic populasi sepat siam dari pulau Sumatera, jawa, dan Kalimantan untuk program kemuliaan ikan budidaya [tesis]. Sekolah pascasarjana IPB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.