ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MEDIA MAHASISWA BERDASARKAN PERSPEKTIF GENDER(STUDI KASUS MAHASISWA SEMESTER VII PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN)

Nina Nurbaidah, Gabby Maureen Pricilia, Habib Rahmansyah

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui: 1) kemampuan mahasiswa dalam memahami keterampilan teknikal dalam literasi media digital pada semester tujuh prodi pendidikan bahasa inggris Institut Pendidikan Tapanuli Selatan 2) kemampuan mahasiswa dalam memahami pemahaman teknikal dalam literasi media digital pada semester tujuh prodi pendidikan bahasa inggris Institut Pendidikan Tapanuli Selatan 3) kemampuan mahasiswa dalam memahami kemampuan komunikatif dalam literasi media digital pada semester tujuh prodi pendidikan bahasa inggris Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Penelitian ini menggunakan purpssive samping. Penelitianinimenggunakanmetodekualitatif.Informanpenelitianiniterdiridari20 mahasiswa prodi pendidikan bahasa inggris di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Data dikumpulkan dengan angket. Angket digunakan untuk mengetahui kemampuan dalam menguasai indikator dari literasi media digital dalam pemberitaan corona virus disease 19 dalam sosial  media (facebook dan instagram), kemudian data akan dianalisis dengan tabel frekuensi dan skor untuk melihat tingkat kemampuan literasi media. Skor kemampuan teknikal adalah 466, skor pemahaman kritikal adalah 813, dan skor kemampuan komunikatif adalah 226. Itu artinya, kemampuan mahasiswa dalam memahami kemampuan komunikatif masih tetap rendah dan kemampuan dalam pemahaman kritikal berada diposisi tertinggi. Kemudian, persentase kesulitan pada kemampuan teknikal pria sebesar 60%, wanita 70%, pemahaman kritikal  pria sebesar 40%, wanita 40%, kemampuan komunikatif pria sebesar 60%, wanita 100%.

 

Kata Kunci: Kemampuan, Literasi Media, Sosial Media

ABSTRACT

 

The purpose of this research are to know: 1) The students’ ability in mastering technical skill of digital media literacy at the seventh semester students’ of English Department Institut Pendidikan Tapanuli Selatan 2) The students’ ability in mastering critical understanding of digital media literacy in English Department Institut Pendidikan Tapanuli Selatan 3) The students’ ability in mastering communicative abilities of digital media literacy at the seventh semester students’ of English Department Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. This researched is used purpossive sampling. This research is used qualitative method. The informants of this research are 20 students which are taken by purposive sampling. The data were collected by questionnaire. Questionnaire was made to know the students’ ability in mastering the indicators of the digital media literacy about corona virus disease 19 news on social media (facebook and instagram), then the data will be analyzed with data frequencyand score to see the ability level of media literacy. The score of technical skill are 466, score of critical understanding was 813, and the score of commmunicative abilities was 226. it means that students ability in mastering communicative ability are still low and in mastering critical understanding are in top score. Then the percentags of difficulties in mastering technical skills for men is 60%, women 70%, critical understanding for men is 40%, women is 40%, communicative abilites for men is is 60%, women is 100%.

 

Keywords: Abilities, Media Literacy, Social Media


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Baran, Stanley.J., dan D. K. Davis. 2000. Mass Communication Theory: Foundations, Ferment, and Future. Belmint, Calif: Wadsworth

Baran, Stanley.J. 2011. Pengantar Komunikasi Massa: Literasi Media dan Budaya. Jakarta: Selemba Humanika

Baron, A.R. (Alih Bahasa Ratna Juwita). 2000. Psikologi Sosial. Bandung: Khazanah Intelektual

Eadie, F. William. 2009. 21st Century Communication A Reference Handbook, Volume 2. Thousand Oaks, California: SAGE Publications, Inc.

Fakih, M. 2006. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Gumilar, Gumgum., dkk. 2017. Literasi Media: Cerdas Menggunakan Media Sosial dalam Menanggulangi Berita Palsu (Hoax) Oleh Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1 No. 1 Februari 2017: 35-40

Hobbs, Renee. 1999. Acquisition of Media Literacy Skills among Australian Adolescents. USA: Journal of Broadcasting and Electronic Media.

Iriantara, Yosal. 2009. Literasi Media, Apa, Mengapa, Bagaimana. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Juditha, Christiany. 2014. Tingkat Literasi Media Masyarakat di Wilayah Perbatasan Papua. Journal Communication Spectrum, Vol. 3 No 2.

Kamaluddin, Muhammad dan Rizki Buhi Suhara. 2011. Analisis Prasarana dan Tingkat Literasi Media dalam Perspektif Gender: Studi Deskriptif Pada Universitas di Kabupaten dan Kota Cirebon. Jurnal Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Potter, James. W. 2005. Media Literacy 3th Edition. USA: Sage Production

Potter, James. W. 2011. Media literacy, fifth Edition. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington DC: Sage Publication

Rahmawati, A. 2004. Persepsi Remaja tentang Konsep Maskulin dan Feminim Dilihat dari Beberapa Latar Belakangnya. Skripsi pada Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan UPI. Bandung: UPI

Santrock, J.W. 2002. Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga

Silverbatt, Art. 1995. Media Litaeracy: Keys to Interpreting Media Messages. London: Praeger

Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: Rajawali Pers

Zuhriah,Aminatuz. 2018. Analisis Literasi Media pada Pusat Studi Media dan Komunikasi Remotivi (Studi Kasus Playlist Literasi di YouTube). Skripsi. Jakarta : Program Sarjana Sosial (S.Sos) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.