SOSIALISASI DAMPAK PENGGUNAAN GADGET BAGI ANAK SEKOLAH DASAR

Sri Rahma Dewi Saragih, Uci Pratiwi, Rani Syahputri

Abstract


Gadget memiliki pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan seorang anak , baik secara psikologis , sosial bahkan fisiknya. Hal itu dapat terjadi apabila penggunaan gadget dilakukan secara tidak tepat dan berlebihan. Apalagi ketika penggunaannya tidak diawasi oleh orang tua. Sesuai dengan obsrvasi yang telah kami lakukan di Desa Sei Alim Hassak hambil 95% anak menggunakan gadget lebih dari 2 jam per hari nya. Setelah melakukan observasi melalui wawancara kepada kepala desa dan melakukan observasi langsung kepada anak-anak yang ada di desa akhirnya kami melakukan sosialisasi di UPTD SD Negeri 013840 Sei Alim Hassak. Sosialisasi kami lakukan agar anak-anak paham betul bagaimana cara menggunakan gadget yang tepat sesuai dengan  manfaat yang sebenar-benarnya. Bagaimana penggunaan gadget yang baik supaya tidak memperikan dampak buruk bagi mereka, serta memberi tahu apa saja dampak negatif dari gadget itu sendiri apabila tidak diggunakan dengan tepat. Adapun metode yang kami gunakan adalah metode cermah, tanya jawab dengan para peserta sosialisasi, dan disertakan video dan gambar untuk menambah pemahaman para peserta sosialisasi. Adapun sebelum melakukan sosilisasi kami melakukan pretest dan setelah melakukan sosialisasi kami juga melakukan post test. Dan ditemukan perubahan yang cukup baik , dimana terdapat peningkatan pengetahuan dan pehaman anak tentang gadget sebesar 89%. Pelaksanaan sosialisasi ini sangat penting dilakukan di era gempuran gadget yang sangat luar biasa ini, karena tanpa pemahaman anak tentang dampak gadget membuat anak tidak dapat mengontrol dirinya sendiri dalam menggunakan gadget. Sehingga diharapkan jika anak-anak memiliki pemahaman yang baik tentang penggunaan gadget, mereka dapat mengontrol dan membatasi dirinya sedniri dalam penggunaan gadget supaya tidak berlebihan.

 

Kata Kunci: Sosialisasi, Gadget, Anak.


Full Text:

PDF

References


Aziz, Z. (2019). Fluxus Animasi Dan Komunikasi Di Era Media Baru Digital. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 7(1), 49. https://doi.org/10.12928/channel.v7i1.13017

Baihaqy Azro Hidayat, Ismi Khoiriyah Maha, Romaito Hasanah Turnip, S. Y. B. (2017). The Impact of using Gadgets on Children. Journal of Depression and Anxiety, 2(1), 211–217. https://doi.org/10.4172/2167-1044.1000296

Chusna, P. A. (2020). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. https://e-resources.perpusnas.go.id:2093/doi/abs/10.1142/S0192415X20500500

Hidayat, F., Hernisawati, H., & Maba, A. P. (2021). Dampak penggunaan gadget terhadap kepribadian anak sekolah dasar: studi kasus pada siswa ‘X.’ Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.35912/jahidik.v1i1.226

Jalilah, S. R. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Fisik dan Perubahan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1716

Kurniawati, L., & Utama, A. A. U. (2022). DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP PERILAKU NEGATIF ANAK (Studi Kasus pada SDN 2 SUMBAWA). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 2585–2592. https://doi.org/10.36312/jime.v8i2.3161

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Novitasari, N. (2019). Strategi Pendampingan Orang Tua terhadap Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167–188. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77

Wibowo, A., Setiawan, B., Eryanti, D., Pelupessy, D., Widiatmoko, H., Ngurah, I., Usnadibrata, I. T., Kasim, Lambas, Mulyani, Hamid, P. A., Rosa, R. F., Hani, R. R., Wirantho, S. A., Prapunoto, S., Suwarto, T., Snae, Y. D. I., Tebe, Y., Zulkifli, Z., & Ikram, Z. (2020). Pendidikan pada Masa Wabah: Tantangan Baru bagi Kepala Sekolah, Guru, dan Orang tua. http://repositori.kemdikbud.go.id/25480/

Widya Ulmi, Moh.Toharudin, M. (2022). 1 , 2 , 3 123. Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(18), 400–406.

Zuli Dwi, R. (2020). Penggunaan Media Gadget Dalam Aktivitas Belajar dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Anak. TA‟LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(1), 97–113.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.