MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MOTORIK ANAK PADA MASA PANDEMI MELALUI LOMBA CERDAS CERMAT DI DESA GAJAH

RahmaYunitaAnsi, Ely Syafitri, Rumondang

Abstract


Kognitif merupakan sistem kerja otak yang tersusun pada pusat saraf pada waktu manusia
sedang berpikir, sedangkan motorik atau psikomotor merupakan kerja susunan syaraf yang
terhubung dengan aktivitas fisik atau atletik. Berdasarkan pada pengertian di atas, maka penulis
mengadakan pengabdian pada masyarakat di Desa Gajah Kec. Meranti Kab. Asahan. Kegiatan
pengabdian pada masyarakat ini menggunakan pendekatan qualitative, menggunakan
instrumen interview, observasi, dan diskusi kepada masyarakat setempat, dengan melibatkan
partisipan dari tingkat sekolah dasar dan taman kanak-kanak Desa Gajah. Berdasarkan pada
pengabdian pada masyarakat tersebut didapat bahwa kegiatan cerdas cermat dianggap sangat
mampu untuk mengembangkan kongnitif dan motorik atau psikomotrik anak-anak atau orang
dewasa, dengan ciri khas yaitu siswa mampu menjawab setaip soal yang diberikan, siswa
mampu mencontohkan gaya atau aktifitas intruktur, siswa mampu menghubungkan jawaban
dengan aktifitas fisik dan siswa mampu mendemonstrasikan jenis aktifitas/gerak mudah,
sederhana, dan sulit dari instruktur.
Kata Kunci: Desa Gajah, Kognitif, instruktur.


Full Text:

PDF

References


T. Asih, “Perkembangan Psikomotorik Peserta Didik Di Kota Metro,” BIOEDUKASI

(Jurnal Pendidik. Biol., vol. 10, no. 1, hal. 100, 2019.

asri budiningsih, “Kajian Teori Empati,” hal. 10–38, 2014.

H. Basri, “Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu

Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar,” J. Penelit. Pendidik., vol. 18, no. 1, hal. 1–9, 2018.

R. Fitriani dan R. Adawiyah, “Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini,” J. Golden

Age, vol. 2, no. 01, hal. 25, 2018.

A. C. P. Harahap, “Character Building Pendidikan Karakter,” J. Pendidik. dan

Konseling, vol. 9, no. 1, hal. 1–11, 2019.

F. N. Hayati, S. Suyatno, dan E. Susatya, “Strengthening of Religious Character

Education Based on School Culture in the Indonesian Secondary School,” Eur. Educ.

Res., vol. 3, no. 3, hal. 87–100, 2020.

E. Kasumayanti dan Y. Elina, “Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau

dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai,” PAUD Lect. J.

Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, hal. 186–197, 2018.

F. Ibda, “Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget,” Intelektualita, vol. 3, no. 1, hal.

, 2015.

S. Sutarto, “Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran,” Islam. Couns. J.

Bimbing. Konseling Islam, vol. 1, no. 2, hal. 1, 2017.

A. MARINI, “Character Building Through Teaching Learning Process: Lesson in

Indonesia,” PONTE Int. Sci. Res. J., vol. 73, no. 5, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.