PERAN PERBANKAN, INOVASI PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATKAN EKONOMI KREATIF HOME INDUSTRY SIRUP MARKISA DI SEKITAR KOTA MEDAN

Jurisman Simanjorang, Andre Fitriano

Abstract


Ekonomi kreatif home industry sirup markisa merupakan salah satu produk minuman yang bersal dari Kota Medan. Sirup markisa sangat diminati banyak orang, dan merupakan sala satu oleh – oleh andalan Kota Medan, itu karena bahan baku sirup markisa berasal dari buah markisa segar pilihan yang diperoleh dari Kota Berastagi Kabupaten Karo Sumatera Utara atau merupakan Kota penghasil buah markisa terbesar di indonesia, dan bahan baku sirup markisa tidak memakai bahan pengawet, pewarna dan pemanis buatan. Menjadi salah satu oleh-oleh andalan Kota Medan, tidak membuat home industry sirup  markisa berkembang dengan pesat dan ditekuni oleh masyarakat sekitar Kota Medan, ini  dapat  dilihat dari peredaran produk sirup markisa yang ada di toko-toko dan di supermarket Kota Medan, jumlahnya sangat minim dan pelaku home industry nya pun sangat minim, padahal jarak Kota Berastagi ke Kota Medan, itu sekitar 58 Km atau sekitar 1 (satu) jam. Penelitian ini terdiri dari Variabel bebas yaitu Peran Perbankan (X1), Inovasi Produk (X2), Promosi (X3), dan variabel terikatnya adalah Ekonomi Kreatif Home Industry (Y).Tujuan penelitian ini adalah ingin melihat bagaimana pengaruh Peran Perbankan (X1), Inovasi Produk (X2), dan Promosi (X3) Terhadap Peningkatkan Ekonomi Kreatif Home Industry sirup markisa. Tahapan metode penelitaian ini adalah lokasi penelitian dilakukan di sekitaran Kota Medan, Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan survey, jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, populasi penelitian ini adalah masyarakat pelaku home industri di kota medan sekitarnya, penarikan sampel penelitian ini adalah non-probability sampling, teknik pengumpulan sampel penelitian ini adalah : 1) Study documentasi 2) Wawancara 3) Kuisioner, jenis dan sumber data adalah primer dan kekunder, Metode yang dikan untuk menganalisis data yaitu analisis regresi linear berganda. Koefisien determinasi dari penelitian ini adalah 0,649. Peran perbankan dengan nilai 2,420 secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Ekonomi Kreatif home industri markisa. Inovasi Produk dengan nilai 2,549 secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Ekonomi Kreatif home industri markisa. Promosi dengan nilai 3,936 secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Ekonomi Kreatif home industri markisa. Dengan nilai 37,411, peran perbankan, inovasi produk, dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Ekonomi Kreatif home industr markisa.

 

Kata Kunci: Peran Perbankan, Inovasi Produk, Promosi, Ekonomi Kreatif

Full Text:

PDF

References


A. Buku

Departemen Perdagangan Indonesia. 2015, Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analysis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Penerbit BP-Universitas Diponegoro.

Kotler, Phillip and Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management (14th Edition). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Morrisan, 2014, Metode Penelitian Survei, Jakarta: Kencana Premadia Group.

Siyamtinah, Heru Sulistyo dan Eny Rahmani (2011). Model Peningkatan Kinerja melalui Kapabilitas Inovasi pada UKM di Kota Semarang. Makalah Seminar Nasional Ilmu Ekonomi Terapan Fakultas Ekonomi UNIMUS 2011. Fakultas Ekonomi, Universitas Sultan Agung Semarang.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND, Bandung : Alfabeta.

B. Jurnal

Hidayat, P. L. Andri, 2013. Pengaruh Promosi Penjualan Produk Purence Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Bandung. Fakultas Bisnis Dan Manajemen Universitas Widyatama. Bandung.

Irawan Rubianto Billy, 2015. Dampak Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Peluncuran Produk Baru Dalam Industri Rokok), Universitas Kristen Petra, Agora Vol. 3, No. 1. Surabaya.

Panekenan Desyani, Rumagit A. J. Grace,. Dan, Pangemanan A. Paulus,. 2017. Peran Kredit Perbankan Pada Sektor Pertanian Di Provinsi Sulawesi Utara. Agri- SosioEkonomi Unsrat, ISSN 1907– 4298 , Volume 13 Nomor 1 A. Hal 183-194. Sulawesi Utara

Sarwono Eddy Aris, 2010. Peran Perbankan Dalam Mengembangkan Sektor Usaha Kecil- Mikro Yang Berwawasan Lingkungan. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi Vol. 8, No. 1, hal 25-31. Surakarta.

Setiawan Andri Tjiang dan Harjanti Dhyah, 2013. Hubungan Faktor Individual Entrepreneur Dengan Inovasi Produk Pada Usaha Mikro Dan Kecil Di Jawa Timur. Agora Vol. 1, No. 3. Surabaya.

Wiwoho rso, 2013. Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran Terhadap Inovasi Produk, Dan Kinerja Pemasaran. Fokus Bisnis Vol. 12 no.2. Kabupaten Kebumen.




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v5i4.933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.