UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL BERMAIN PERANPADA SISWA KELAS IV SDN014710 TANJUNG KUBAH

Irwansyah Irwansyah, Maysarah Maysarah, Tri Harsono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi dan mengamati pelajaran yang terjadi di kelas dan Meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Bermain Peran.objek penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SDN 014710 Tanjung Kubah.yang terdiri dari 30 siswa. Pada saat siklus I pada pelajaran IPA nilai rata-rata siswa 66 dan yang tuntas 56% setelah dilakukan tindakan yaitu pada siklus II mengalami peningkatan yakni nilai rata-rata menjadi 73,6 dan yang tuntas 86%.sehingga terdapat peningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dengan dibelajarkan dengan menggunakan model bermain peran.

 

Kata Kunci : Model, Hasil Belajar, Bermain Peran


Full Text:

PDF

References


Abdurahman (2009). Belajar Mengajar, Rineka Cipta: Jakarta.

Arend(2005) Belajar dan Pembelajaran.,:Bandung Angkasa

Departemen Pendidikan Nasional. (2007) UU RI No 22 tahun 2005, Jakarta:Depdiknas

Dimyati, 2006. Pengantar Metode Researe, Bandung, Alumni.

Haryanto (2007), Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5 SD, Tim bima Karya guru :JakartaErlangga

Sanjaya (2007), Strategi Belajar Mengajar MIPA, Universitas Negeri Malang, Malang.

Slameto, 2003. Belajar dan Fakto-faktor yang Mempengaruhinya. Cet. 5. PT Rineka Cipta: Jakarta

Sudjana, 2002. Metode Statistika. Ed. rev, cet. 6. Tarsito: Bandung

Sudjana, N.,2008, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya, Bandung

Suprijono(2010), Cooperatif Learning, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Wardani dkk (2008), Pemantapan Kemampuan Profesional Buku Panduan, Jakarta: Universitas Terbuka

Wardani dkk (2007), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v10i1.3904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.