UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA

Irwansyah Irwansyah, R.L. Holmes Parhusip

Abstract


Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 060886 Padang Bulan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 060886 Padang Bulan sebanyak 40 orang siswa. Objek penelitian adalah model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA dengan materi Peristiwa Alam di Indonesia di kelas V SD Negeri 060886 Padang Bulan Tahun Pelajaran 2016/2017. Alat pengumpul data yang digunakan oleh peneliti adalah  dan Tes.Hasil Penelitian Pada saat siklus I pada pelajaran IPA nilai rata-rata siswa 64,28 dan yang tuntas 55% setelah dilakukan tindakan yaitu pada siklus II mengalami peningkatan yakni nilai rata-rata menjadi 80 dan yang tuntas 96%.

Kata Kunci : Talking stick,Model,IPA

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S, (2003) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, PT Rineka Cipta: Jakarta

Dirman dan Cicih Juarsih. 2014. Teori Belajar dan Prinsip-Prinsip Pembelajaran yang mendidik. PT Asdi Mahasatya.

Imas Kurniasih dan Berlin Sani. 2015. Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Ed.3 Medan: Media Persada.

Jasman Jalil. 2014. Paduan Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Gagne dan R. Ibrahim (2007). Strategi Belajar Mengajar, Universitas Terbuka Jakarta.

Sudijono. A., (2009), Pengantar Statistik Pendidikan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sudjana., (2002), Metode Statistika, Tarsito, Bandung

Suprijono, A., (2010), Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Wardani dkk (2008), Pemantapan Kemampuan Profesional Buku Panduan, Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v8i2.2651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.