KONTEKS PENDIDIKAN INDONESIA DAN PERBANDINGANYA DENGAN KONDISI PENDIDIKAN BEBERAPA NEGARA DENGAN REPUTASI PENDIDIKAN BAIK

Wesli H Situmeang

Abstract


Konteks pendidikan di Indonesia saat ini dapat dikatakan sedang mengalami
perkembangan yang terus menerus menghadapi rintangan seiring dengan perkembangan
revolusi industri. Dalam hal ini, penulis hendak memperbandingkan konteks pendidikan
Indonesia dengan 4 negara lainya yang mengalami peningkatan kwalitas pendidikan dari
waktu ke waktu yang hampir sama dengan yang dialami oleh Bangsa Indonesia. Finlandia
memiliki begitu banyak kelebihan dalam hal pendidikan. Tingkat buta huruf adalah 0%,
sekolah-sekolah pada umumnya gratis. Teknologi tinggi juga telah lama hadir di negara
tersebut, sebut saja pabrik komputer dan telekomunikasi, termasuk handphone terkenal
“Nokia” yang berada di negara itu sejak 1871. Prestasi Finlandia juga cukup tinggi dalam
olah raga, misalnya sepakbola, balap motor, dan balap mobil. Berbeda halnya dengan,
Palestina dilanda perang atau sekurang-kurangnya kerusuhan yang terjadi antara Palestina
dan Israel. Saat ini, ternyata pendidikan di Palestina seperti tidak terpengaruh. Tingkat
melek huruf di sana termasuk tinggi, yakni 91,2% lebih tinggi daripada Indonesia (90%)
dan Arab Saudi (85%), serta jauh lebih tinggi daripada India (66%) namun seiring
berjalanya waktu kondisi pendidikan di Palestina terus diperjuangkan peningkatanya.
Selanjutnya, Vietnam termasuk negara yang “tua” karena telah berbentuk kerajaan
berdaulat pada tahun 938 Masehi. Kerajaan itu kemudian berubah bentuk menjadi republik
di tahun 1054. Namun perjalanan Vietnam sebagai negara tidaklah mulus adanya.
Penjajahan Prancis, perang saudara, dan rejim militer menjadi sejarah kelam bagi Vietnam.
Akan tetapi, kemajuan ekonomi itu tidak sebanding dengan kualitas pendidikan,
ketercapaian pendidikan oleh rakyat, dan pendapatan guru. Kemajuan Vietnam, terutama
dalam bidang ekonomi meningkat sangat pesat. Pertumbuhan ekonomi Vietnam
merupakan salah satu yang tertinggi di dunia dalam dekade terakhir. Selanjutnya,
perbandingan dengan India, banyak warga India menduduki posisi bagus di organisasi
internasional. Selain itu, kemajuan India dalam ilmu pengetahuan dan teknologi telah
diakui dunia. Negara itu telah melahirkan sejumlah pemenang Nobel: Amartya Sen
(ekonomi), Subrawanian Chandrashekar dan Chandrashekar Venkataraman (fisika),
Hargobind Khorana (kedokteran), Bunda Theresa (perdamaian) dan Rabindranath Tagore
(sastra).
Kata Kunci: Konteks pendidikan Indonesia, Kondisi pendidikan, Bereputasi baik, Negara
lain,


Full Text:

PDF

References


Daftar Referensi

http://en.wikipedia.org/wiki/edu

cation_in_finland

http://en.wikipedia.org/wiki/edu

cation_in_india

http://en.wikipedia.org/wiki/edu

cation_in_palestine

http://en.wikipedia.org/wiki/edu

cation_in_vietnam

http://en.wikipedia.org/wiki/finl

and

http://en.wikipedia.org/wiki/indi

a

http://en.wikipedia.org/wiki/pale

stinian_territories

http://en.wikipedia.org/wiki/viet

nam




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v7i3.2392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.