INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DALAM MENYONGSONG ERA REVOLUSI INDUSTRY 4.0 BAGI CALON GURU DENGAN MODEL ADDIE BERBANTUAN EDMODO

Arisan Candra Nainggolan1, Regina Sipayung2

Abstract


Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital Dalam Menyongsong Era Revolusi Industry 4.0
Bagi Calon Guru Dengan Model Addie Berbantuan Edmodo. Tujuan penelitian ini adalah
terbentuknya calon guru yang terampil dalam menggunakan pembelajaran aktif berbasis
digital (video pembelajaran, pembelajaran berbasis aplikasi android dan pemanfatan media elearning
berbasis Edmodo). Tahapan metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan adalah
model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Rincian data yang diperoleh dari hasil pengujian antara lain: pengujian ahli materi diperoleh
skor 4,83 dengan kategori sangat baik, pengujian ahli media diperoleh skor 4,3 dengan
kategori sangat baik, dan pengujian user diperoleh skor 4,7 (Dosen) dengan kategori
sangat baik dan skor 4,03 (mahasiswa) dengan kategori baik, sehingga Media Pembelajaran
berbasis digital layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Digital, Media Pembelajaran Matematika Berbasis
Aplikasi Android


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alwan. M, 2018, Pengembangan

Multimedia E-Book 3D Berbasis Mobile

Learning Untuk Mata Pelajaran Geografi

SMA Guna Mendukung Pembelajaran Jarak

Jauh. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal

NW Kembang Kerang,Vol.1 No.2, ISSN

-3433

Ardi.M, 2014, Pelaksanaan Pembelajaran

Micro Teaching Bagi Mahasiswa Program

Studi PPKN STKIP-PGRI Pontianak. Jurnal

Edukasi, Vol. 1, No. 1, Juni 2014, ISSN

-8702

Persada.R.A, 2017, Peningkatan Hasil

Belajar Matematika Melalui

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis

Website. Jurnal EduMa, Vol.6, No.1 Juli

ISSN 2086-3918.

Putra, Tastra, Dkk, 2014, Pengembangan

Media Video Pembelajaran dengan Model

ADDIE Pada Pembelajaran Bahasa Inggris

Di SDN 1 Selat. E-Jurnal Edutech

Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan

Teknologi Pendidikan, Vol.2 No.1, ISSN

-8290




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v7i2.2228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.