PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI

Idha Isnaningrum ,

Abstract


Abstrak

 

Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan menganalisis secara empiris pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap penguasaan konsep biologi siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi ganda. Adapun sampel berjulmah 46 orang mahasiswa semester III Pendidikan Biologi UNINDRA. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa; 1) Terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap penguasaan konsep biologi. Hal ini diperlihatkan nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,823 dengan kontribusi sebesar 72,9% terhadap penguasaan konsep biologi. Berdasarkan hal tersebut maka semakin tinggi kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa akan diikuti semakin tingginya penguasaan konsep biologi. 2) Terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap penguasaan konsep biologi. Pengaruh ini signifikan dengan nilai sig yang diperoleh adalah sebesar 0,243 yang lebih besar dari 0,05. Berdasarkan hal tersebut maka semakin baik kecerdasan emosional siswa akan semakin baik pula penguasaan konsep biologinya.3) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap penguasaan konsep biologi. Pengaruh ini signifikan dengan nilai sig yang diperoleh sebesar 0,053 yang lebih besar dari 0,05. Berdasarkan hal tersebut maka semakin baik motivasi belajar siswa maka akan semakin baik pula penguasaan konsep biologinya.

 

Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Penguasaan Konsep Biologi

 

 

Abstract

 

The general objective of this research is to find and analyze empirically the effect of emotional intelligence and learning motivation on students' mastery of mathematical concepts. This research was conducted using multiple regression analysis. The sample consists of 46 students of the third semester of Mathematics Education UNINDRA. From the research results, it can be concluded that; 1) There is an effect of emotional intelligence and learning motivation together on mastery of mathematical concepts. This is shown by the multiple correlation coefficient value of 0.823 with a contribution of 72.9% to the mastery of mathematical concepts. Based on this, the higher the emotional intelligence and learning motivation of students will be followed by the higher mastery of mathematical concepts. 2) There is an effect of emotional intelligence on mastery of mathematical concepts. This effect is significant with the obtained sig value of 0.243 which is greater than 0.05. Based on this, the better the students' emotional intelligence, the better the mastery of mathematical concepts. 3) There is an effect of learning motivation on mastery of mathematical concepts. This effect is significant with the sig value obtained at 0.053 which is greater than 0.05. Based on this, the better the student's learning motivation, the better the mastery of mathematical concepts.

Keywords: Emotional Intelligence, Learning Motivation, Mastery of Biological Concepts


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2008. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka cipta..

Goleman, D. 2005. Kecerdasan emosi untuk mencapai puncak prestasi. Terjemahan Alex Tri Kantjoyo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hudojo, H. 2005. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran biologi. Malang: UM Press

Sanjaya, W. 2006. Strategi pembelajaran : berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Supardi,U S. 2012. Aplikasi statistika dalam penelitian. Jakarta: Ufuk




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v7i1.1856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.