PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEBAGAI DAMPAK POSITIF DARI PERAN AKTIF GURU DI SEKOLAH.

SABAR RUDI SITOMPUL

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengangkat novelti hasil penelitian penulis tentang pengaruh yang positif dan signifikan peranan guru terhadap motivasi dan peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purbatua Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017.rumusan hipotesis penelitian berbunyi ”Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar guru terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 PurbatuaTahun Pembelajaran 2016/2017.”  Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif dan inferensial. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII pada sekolah tersebut di atas dengan jumlah 168 orang. Sampel diambil secara acak (random sampling) sebesar 25% x 168 orang = 40 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang berjumlah 30 dan diujicobakan kepada 30 siswa kelas VIII ( selain dari sampel penelitian) SMP Negeri 1 Purbatua yang bukan responden penelitian. Dari hasil uji validitas angket untuk variabel X diketahui 2 item tidak valid karena nilai rhitung (antara 0,213 sampai dengan 0,308) < rtabel(=0,05,IK=95%,n=30) yaitu 0,361, dan 13 item valid karena nilai rhitung  (antara 0,467 sampai dengan 0,705)  >  rtabel(=0,05,IK=95%,n=30) yaitu 0,361. Untuk variabel Y diketahui 15 valid karena nilai rhitung  (antara 0,399 sampai dengan 0,637) > rtabel(=0,05,IK=95%,n=30) yaitu 0,361. Dari uji reliabilitas diperoleh untuk variabel X r11 = 0,809 nilai ini berada pada indeks korelasi tinggi. Dan untuk variabel Y r11 = 0,782 nilai ini berada pada indeks korelasi cukup. Dengan demikian diperoleh 28 item valid dan reliabel sehingga dapat digunakan sebagai instrumen penelitian. Data penelitian dianalisa dengan menggunakan Regresi Logistik Ordinal dengan melakukan dua uji, yaitu: 1) uji keseluruhan diperoleh nilai p = 0,028 < 0,05, artinya H­0 ditolak, 2) uji parsial  diperoleh nilai nilai p = 0,047 < 0,05, artinya Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara peran aktif guru terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Purbatua Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2017/2018. Nilai Odds Ratio dari hasil output minitab adalah  = 6.37 artinya setiap perubahan pada kategori di dalam variabel Peranan Aktif guru akan mengakibatkan perubahan sebesar 6,37 kali untuk memiliki motivasi dan prestasi yang tinggi pada siswa.

 

Kata Kunci : Peningkatan motivasi dan prestasi belajar, Peran aktif guru PAK, Dampak positif


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Antoni, Yan. Katekisasi Komprehensif Tanya Jawab Sekitar Agama Kristen. Malang:

Gandum Mas, 2016

Arikunto, S. Prosedur Penelitian. Jakaarta: PT. Rineka Cipta, 2016

Boehkleh, R. Robert. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek PAK. Jakarta; BPK Gunung

Mulia, 2016

Sagala, Sayful. 2009. Kemampuan Profesionalisme Guru dan Tenaga Kependidikan.

Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sahaludin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia

Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. Metodologi Penelitian. Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 2014

Suryobroto,B. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2009




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v5i2.1389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.