MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VII SMP DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD

Dhian Khusnul Khotimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan media pembelajaran flash card untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini berfokus pada keterampilan berbicara khususnya untuk meningkatkan kosa kata sehingga siswa mampu dan percaya diri berbicara dengan bahasa Inggris dengan baik. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP N 1 Karangkobar sejumlah 33 siswa. Hasil dari data kuantitatif menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran flash card dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hal ini terlihat dari hasil kemampuan berbicara siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 11 %, dari siklus II ke siklus III sebesar 21 %. Dengan media pembelajaran flash card membuat siswa lebih aktif dan percaya diri dalam berbicara bahasa inggris. Media pembelajaran flash card efektif digunakan dalam proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Astuti, I. A. D., & Bhakti, Y. B. (2018). Interactive learning multimedia based Microsoft excel on the temperature and heat. Unnes Science Education Journal, 7(1).

Astuti, Y. R. E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Negeri I Kota Blitar Melalui Games (Kalender). Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 2(1), 45-56.

Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Rahmawati, E. Y. (2020). Improving Students’ Problem Solving Ability Through Learning Based Videoscribe. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(2), 61-67.

Dasmo, D., Astuti, I. A. D., & Nurullaeli, N. (2017). Pengembangan pocket mobile learning berbasis android. Jurnal Riset dan Kajian

Pendidikan Fisika, 4(2), 71-77.

Gusti, N., Bahar, A., & Handayani, D. (2017). Studi Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Media Chemical Domino Card Dan Flash Card. Alotrop, 1(2).

Hotimah, E. (2017). Penggunaan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 10-18.

Prihariyani, P. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Dengan Permainan Ular Naga Pada Siswa Kelas VII–J Semester 2 SMPN 3 Mranggen Tahun Pelajaran 2016–2017. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial, 14(3), 157-166.

Satriana, A., Yunus, M., & Fatmawati, F. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 Sampai 5 Melalui Media Flash Card Bagi Siswa Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(2).

Sudjana, D. (2015). Kartu Kation-Anion Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Kimia Di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Lingkar Widyaiswara, 2(1), 21-37.

Suganda, A., Hidayat, A., & Indri Widayastuti, E. R. (2010). Upaya meningkatkan kemampuan bicara siswa dalam bahasa inggris melalui permainan sanke and ladder di kelas VII A SMP negeri cimahi. Bandung: UPI.

Wijayanti, F. M., Sukarmin, S., & Wiyono, E. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) dengan Menggunakan Media Flash Card untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Kognitif Siswa. In Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika Ke-4 2015. Sebelas Maret University




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v7i3.1367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.