HUBUNGAN KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DAN PEMBERIAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PAK

Julita Herawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Keterampilan Pengelolaan Kelas  Dan Pemberian Motivasi dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa SMP N 2 Siborongborong Tahun Ajaran 2018/2019. Ketiga hipotesis dalam penelitian ini teruji pada hipotesis pertama 14rx1y">  = 0,640 dan 14thitung =4,406 "> hal ini menunjukan bahwa Hasil belajar siswa ditentukan oleh Keterampilan Pengelolaan Kelas karena 14thitung >ttabel">  = 4,406 14>">  2,048 sehingga terdapat hubungan yang positif dan signifikan, Hipotesis Kedua 14rx2y">  = 0,43 dan 14thitung =3,013 "> hal ini menunjukan bahwa Hasil belajar siswa ditentukan oleh Pemberian Motivasi karena 14thitung >ttabel">  = 3,013 14>">  2,042 sehingga terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Hipotesis Ketiga  14rx1x2"> y = 0,81 dan 14thitung =9,83 "> hal ini menunjukan bahwa Hasil belajar siswa ditentukan oleh Keterampilan Pengelolaan Kelas dan Pemberian Motivasi karena 14thitung >ttabel">  = 9,83 14>">  2,660 sehingga terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Dari hasil analisis data disimpulkan 1) ada hubungan yang positif dan signifikan Keterampilan Pengelolaan Kelas dengan Hasil belajar Siswa, 2) ada hubungan yang positif dan signifikan Pemberian Motivasi dengan Hasil belajar siswa, 3) ada hubungan yang positif dan signifikan Keterampilan Pengelolaan Kelas   dan Pemberian Motivasi dengan Hasil belajar siswa, artinya jika akan meningkatkan Hasil belajar siswa maka Keterampilan Pengelolaan Kelas dan Pemberian Motivasi Belajar Siswa perlu di tingkatkan.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar siswa.

 

ABSTRACT

 

This study aims to determine the Relationship between Classroom Management Skills and Motivation and Learning Outcomes of Christian Religious Education Students of SMP N 2 Siborongborong in Academic Year 2018/2019. The three hypotheses in this study were tested in the first hypothesis  14rx1y">  = 0.640 and 14thitung =4,406 "> this shows that student learning outcomes are determined by Class Management Skills because 14thitung >ttabel"> = 4.406 14>">  2.048 so there is a positive and significant relationship, Second Hypothesis 14rx2y">  = 0.43 and 14thitung =3,013 "> this shows that student learning outcomes determined by Provision of Motivation because 14thitung >ttabel">  = 3.013 14>">  2.042 so there is a positive and significant relationship. Third Hypothesis  14rx1x2"> y = 0.81 and 14thitung =9,83 "> this shows that student learning outcomes are determined by Class Management Skills and Motivation because 14thitung >ttabel">  = 9.83 14>">  2.660 so there is a positive and significant relationship. From the results of data analysis, it was concluded 1) there is a positive and significant relationship between Classroom Management Skills and Student Learning Outcomes, 2) there is a positive and significant relationship Providing Motivation with student learning outcomes, 3) there is a positive and significant relationship between Classroom Management Skills and Motivation with Student learning outcomes, meaning that if it will improve student learning outcomes then Classroom Management Skills and Provision of Student Learning Motivation need to be improved.

 

Keywords: Learning Outcomes, Class Management Skills, Student's motivation to study.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimin, 2010, Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta

Anderson, dkk. 2010, Kerangka Landasan Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Abu Muhammad Ibnu Abdullah. (2015). Prestasi Belajar. http://spesialistorch. com/content/view 20/03/29/ diakses pada tanggal 20/03/15

AD.Rooijakkers. 2008, Mengajar dengan Sukses. Jakarta: PT Gramedia

Ahmad, Sadri. 2010, Stategi Belajar Mengajar. Padang: Quantum Teaching

Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Belajar. 2004, Jakarta: Rineka Cipta

Alkitab.2012, Lembaga Alkitab Indonesia. Jakarta: LAI

Boehlke, 2002, Sejarah Pemikiran dan Praktik Pendidikan Agama Kristen Dari Plato-I.Loyola, Jakarta: BPK Gunung Mulia, Jakarta Gunung Mulia

B.S.Sijabat. 2009, Mengajar secara Profesional Mewujudkan Visi Guru Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup

Cole, P.G. (1990). Methods and Strategic for Special Education. New York. Prentice Hall

Cohen, L & Manion, L. 1994. Research methods Education. London & Canbera: Chroom Helm

Conny R Semiawan, 1997, Perspektif Pendidikan Anak Berbakat, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Crowll, T.K. et. Al. (1997). Educational Psychology, Windows on Teaching. Dubuque, IA: Brown & Benchmark Publisher.

Dalyono, M. 2009, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Dick & Carey, 2001, Thesistematic Design of Intruction, New York: Wesley Educational.

Djamarah, Bahri, Syaiful dan Aswan Zain. 2006, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v6i1.1064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.