PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE, DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HANDPHONE SAMSUNG DI KABUPATEN ASAHAN

Indri Novita Sari, Heri Prasuhanda Manurung

Abstract


Hasil penelitian menunjukan bahwa celebrity endorser, brand image dan brand trust berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 11,962, sedangkan nilai Ftabel pada tingkat kepercayaan 95%  (α = 0,05) sebesar 2,70. Hal ini berarti nilai F­hitung  > Ftabel (11,962 > 2,70) dan tingkat signifikansinya (0,000 < 0,05). Dan secara parsial celebrity endorser, berpengaruh positif terhadap keputusa pembelian denga nilai thitung > t­tabel (2,077) > ttabel (1,984) dan  nilai sig. 0,040 < 0,05. Maka menolak Ho dan menerima Ha. Variabel brand image berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung  > ttabel (2,874) > ttabel (1,984) dan nilai sig. 0,005 < 0,05. Maka menolak Ho dan menerima Ha. Variabel brand trust berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung  (2,311) > ttabel (1,984) dan nilai sig. o,023 < 0,05. Maka menolak Ho dan menerima Ha.

Hal ini menunjukkan bajwa sebesar 24,9% variabel celebrity endorser, brand image, dan brand trust  berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangka sisanya 75,1% dijelaska oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti dan tidak dimasukkan ke dalam model regresi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36294/mes.v1i2.1114

DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/mes.v1i2.1114.g950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan

Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia

Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com