Pengembangan Aplikasi Mobile Pembelajaran Doa Islami Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6 SD Swasta Yayasan Pendidikan Islam

ratna dewi ratna dewi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat dan mengimplementasikan media pembelajaran yang efektif untuk memudahkan para guru dan siswa dalam melakukan proses belajar mengajar di SD Swasta Yayasan Pendidikan Islam yaitu merancang aplikasi pembelajaran doa Islam. pemanfaatan media pendidikan dalam proses belajar mengajar  membuktikan guru telah melaksanakan perencanaan dalam melaksanakan pengajaran di kelas. Perihal ini bisa dimengerti dari definisi media pendidikan selaku seluruh suatu yang bisa menyapaikan serta menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga terbentuk area belajar yang kondusif dimana penerimanya bisa melaksanakan proses belajar secara efektif serta efisien. membuat sistem sesuai Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Sementara itu, dalam pengembangan sistem penulis menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) mengacu pada model waterfall. Aplikasi yang dibuat menggunakan Android Studio, Adobe PhotoShop CS6. Aplikasi yang telah dibuat diuji dengan metode pengujian black box. Penelitian ini menghasilkan aplikasi pembelajaran doa Islami yang membantu pihak sekolah dalam melakukan proses belajar mengajar pada saat jam belajar di sekolah dan juga membantu peserta didik agar dapat mempermudah siswa-siswi dalam mempelajari doa-doa di sekolah ataupun di rumah.


Keywords


Aplikasi Mobile, doa Islami, Adobe Flash cs6, media pembelajaran, SD Swasta Yayasan Pendidikan Islam.

Full Text:

PDF

References


Krismolita, Beni Junedi, Mohamad Bayi Tabrani, Mira Marlina.2022.Penerapan model direct instruction berbasis multimedia presentasi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Journal of Didactic Mathematics 2022, 3(1), 9-16 Doi: 10.34007/jdm.v3i1.1164. Vol 3, No 1 (2022): April

De Budi Irwan Taofik, Aceng Ahmad Rodian Susila. 2022. Penggunaan Multimedia Presentasi pada Model Pembelajaran Project Based Learning ( PJBL) untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik (Studi Kasus Pada Tema Ekosistem di Kelas 5 SDN 6 Cikondang. caXra:Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 02, No. 01, 2022.

Nurul Alyaa Roza, Desyandri. 2022. Pengembangan Multimedia Interaktif Pada PembelajaranTematik Terpadu Menggunakan Macromedia Flash di Kelas IV Sekolah Dasar. Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022.

Nung Nurhasanah. 2021. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sejarah Perkembangan Islam Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) E-ISSN: 2746-7767 Volume 2, Nomor 3, Agustus 2021, Hal (148-153).

Windi Fitriani1, Suwarjo, Muhammad Nur Wangid. 2021. Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia e-ISSN: 2615-840X p-ISSN: 2338-4379

Dandi Sunardi , Eka Sahputra , Agung Kharisma Hidayah. 2021. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTA BENGKULU. JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan). ISSN : 2797-3158 | E-ISSN : 2776-2858. Volume: 1; Nomor: 1, Tahun: 2021; halaman: 29-34

Nur Latifah, Zulela Ms , Fahrurrozi. 2021. Analisis Kebutuhan Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Berbasis Multimedia.

DOI https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1106. p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147. Jurnal Basicedu Vol 5 No 4 Tahun 2021

Nukke Deliany, Asep Hidayat, Yeti Nurhayati.2019. Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUCARE Vol. 17, No. 2, Des. 2019

Apriliah, Subekti ,Haryati. 2019. Penerapan Model Waterfall Dalam Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Pt. Chiyoda Integre Indonesia Karawang. Jurnal Interkom. 14(2). 34-42.

Imaduddun, A dan Permana, S. 2018. Menjadi Android Develover Expert. PT. Presentologics. Bandung.

Khulsum, U, Hudiyono, Y dan Sulistyowati, E, D. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 1(1). 1-12.

Prasti, D dan Kasma, Safwan. 2019. Perancangan Aplikasi Jadwal Mahasiswa Berbasis Android. Jurnal Ilmiah d’Computer. Vol. 9. 39-45.

Irvan Azhari, Riki Andri Yusda, Rohminatin. 2021. Implementasi E-Learning Pada Mata Pelajaran Jurusan IPA Menerapkan Pengembangan Waterfall. Building of Informatics, Technology and Science (BITS) Volume 4, No 1, Juni 2022 Page: 39−49




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v6i2.2880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License