Model Konseptual Perancangan Sistem Informasi Pemesanan di Kafe Menggunakan Soft System Methodology

Juneidi Juneidi, Vina Vina

Abstract


Abstract – The cafe is a modern place to relax today. At this modern time, the cafe has become a center of social interaction that is usually used to gather, talk, write, read, or just fill our spare time. At the weekend, the number of visitors to a cafe will increase, so the waiters will have difficulty dealing with the number of orders. To overcome this problem, it is necessary to build a computerized information system. The system that will be created is a web-based online system so that it can be accessed when customers come. When creating an information system, a conceptual model is required. In making a conceptual model, there are several approaches, both systemically and by humans. By using a soft system methodology, conceptual modeling is designed with a human approach involving the owner, cashier, chef, waiter, and customer. 

Abstrak - Kafe merupakan tempat untuk bersantai yang modern pada masa kini. Pada saat ini Kafe menjadi pusat interaksi sosial yang biasa digunakan untuk berkumpul, berbicara, menulis, membaca, atau sekedar mengisi waktu luang. Pada saat menjelang akhir pekan, jumlah pengunjung dari suatu kafe akan mengalami kenaikan sehingga membuat para pelayan akan mengalami kesulitan dalam mengatasi banyaknya orderan yang ada. Untuk mengatasi permasalahan orderan tersebut butuh dibangun suatu sistem informasi yang terkomputerisasi. Sistem yang dibuat merupakan sistem daring yang berbasis web sehingga dapat diakses ketika pelanggan datang. Dalam mengembangkan suatu sistem informasi diperlukan suatu model konseptual dalam membuat merancang sistem. Dalam membuat model konseptual terdapat beberapa pendekatan baik secara sistem maupun dari manusia. Dengan pengunaan soft system methodology, pembuatan model konseptual dirancang dengan pendekatan manusia yang melibatkan antara pemilik, kasir, koki, pelayan, dan pelanggan.


Keywords


Soft System Methodology (SSM);Model Konseptual;Kafe;Perancangan Sistem Informasi

Full Text:

PDF

References


G. Sukarno and L. Nirawati, “KONTRIBUSI HUMAN CAPITAL dan CUSTOMER CAPITAL DALAM MENGGAPAI KINERJA CAFÉ dan RESTO di SURABAYA,” J. ILMU Sos., vol. 15, no. 2, 2016, doi: 10.14710/jis.15.2.2016.137-149.

Z. R. Saputri, A. N. Oktavia, L. S. Ramdhani, and A. Suherman, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMESANAN MAKANAN BERBASIS WEB PADA CAFE SURABIKU,” J. Teknol. dan Inf., vol. 9, no. 1, 2019, doi: 10.34010/jati.v9i1.1378.

D. R. Prehanto and M. L. Fitriah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Katering Berbasis Web,” Apl. Sist. Inf., 2016, Accessed: Mar. 29, 2022. [Online]. Available: https://docplayer.info/47774795-Rancang-bangun-sistem-informasi-pemesanan-katering-berbasis-web-studi-kasus-pada-katering-jelita.html

E. M. Perdana, D. Manongga, and A. Iriani, “Model Konseptual bagi Pengembangan Knowledge Management di SMA Menggunakan Soft System Methodology,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 2, 2019, doi: 10.25126/jtiik.201962932.

P. Checkland and J. Poulter, “Soft systems methodology,” in Systems Approaches to Managing Change: A Practical Guide, Springer London, 2010, pp. 191–242. doi: 10.1007/978-1-84882-809-4_5.

E. Sgourou, P. Katsakiori, I. Papaioannou, S. Goutsos, and E. Adamides, “Using soft systems methodology as a systemic approach to safety performance evaluation,” in Procedia Engineering, 2012, vol. 45. doi: 10.1016/j.proeng.2012.08.141




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v6i1.2549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License