Aplikasi Jago (Baca Dan Tulis Pego) Dengan Voice Recognition Berbasis Android

Honainah Honainah, Arifatul Hidayah, Camelia Indah Nur Laily

Abstract


Pego adalah huruf Arab yang dimodifikasi untuk menuliskan bahasa Jawa, bahasa Indonesia,dan Bahasa Sunda. Sekilas tulisan pego memang mirip dengan tulisan arab hijaiyah seperti biasanya. Tetapi masih ada tambahan huruf dan kaidah penulisannya yang membuat peserta didik kesulitan dalam menyesuaikan kosa kata dalam bentuk bahasa Indonesia atau bahasa selainnya. Sekolah MI Darul Ulum II merupakan salah satu sekolah yang memiliki materi “Arab pego” sebagai muatan lokal. Pembelajarannya berupa metode pengajaran menulis di papan dalam mengenal huruf pego dan cara penulisan pego. Sayangnya, metode ini membuat peserta didik mengalami kesulitan dalam mengenal huruf pego dan fungsi bacaan huruf pego untuk penulisan bahasa Indonesia atau bahasa Jawa. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu peserta didik dalam proses belajar huruf pego. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi media pembelajaran yang berbasis android dalam pembelajaran pego. Aplikasi dalam penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan sistem waterfall. Aplikasi ini didesain dengan unfield modelling language (UML). Hasil dari penelitian ini adalah telah dibangun aplikasi pembelajaran jago (belajar menulis dan membaca pego) dengan voice recognition berbasis android menggunakan Adobe Flash Professional CS6. Aplikasi pembelajaran pego berbasis android ini dibangun dengan beracuan pada panduan baca tulis Arab-Melayu dan dengan suatu pengajaran menarik.

 


Keywords


Pego, Android, Adobe Flash Profesional CS6

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Mujahid, Muhammad. (2016) “Panduan Baca Tulis Arab-Melayu”. Makasar: Keagamaan Padang: 2016: 1-20.

Yaumi, Muhammad. 2013. “Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran”. Jakarta: Kencana Prenada

Supriyono. (2018). “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD”. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Muhammad Noor dan Risenna. (2016). “Aplikasi Pintar Membaca Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini Berbasis Android”. Politeknik Negri Tanah Laut.

Andhika Naufaliawan, Rizal Isnanto, dan Ike Pertiwi Windasari. (2015). “Pengembangan Permainan Angka dan Huruf Hijaiyah Berbasis Android”. Semarang: Universitas Diponegoro

Madcoms. 2011. “Kupas Tuntas Adobe Flash Profesional CS6”. Yogyakarta: Andi.

Amin Mutohar. (2007). “Voice Recognition”. Jurusan Teknik Fisika. Institut Teknologi Bandung. Bandung: 2007: 2-3.

Mulyana, Deddy. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

M. Petre, “UML in practice,” in Proceedings - International Conference on Software Engineering, 2013

Muharto, dan Ambarita Arisandy, 2016, Metode Penelitian Sistem Informasi, Yogyakarta: Deepublish




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v5i2.2394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JurTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License