Perancangan Game 2 Dimensi Petualangan Anak Menyelamatkan Orangtua Sebagai Media Edukatif Bagi Anak Dengan Metode Waterfall

Nurlaili Khairani, Juniardi Nur Fadila, Fressy Nugroho

Abstract


Abstract- The rapid development of technology and information has resulted in a lot of competition in all fields, one of which is education. This affects the education of educators in educating their students. They are guided to provide education that is fun and attracts children's attention. One way to increase children's interest in learning can be done by playing games. Games are games that are carried out with predetermined rules so that someone wins or loses, usually the game is played for refreshing, or filling spare time. There are 2D and 3D game types. 2D games have objects that are only in one plane and their movement is limited to that plane. The movement of objects from 2D games is only left and right. So to improve the quality of children's learning, 2D-based educational games are designed which aim as a place to play and learn. The game design uses the waterfall method which is made sequentially so that it will gradually be completed systematically and cannot pass through the stages. In this game the player will run the character so that he meets the parents and tries to help the parents' problems. This is a moral message for every player. This children's adventure game is a means for children to play and learn easily because it can be accessed anywhere and anytime.

Keywords  - 2D Game, Game Engine, Unity, C #, waterfall

 

 

Abstrak – Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat mengakibatkan banyak persaingan pada segala bidang, salah satunya yaitu bidang pendidikan. Hal tersebut mempegaruhi edukasi bagi para pendidik dalam mengajar anak didiknya. Mereka dituntun untuk memberikan edukasi yang menyenangkan serta menarik perhatian anak-anak. Dalam meningkatkan minat anak dalam belajar salah satunya dapat dilakukan dengan bermain game. Game merupakan permainan yang dilakukan dengan aturan yang sudah di tetapkan sehingga terdapat kemenangan atau kekalahan, biasanya game dimainkan untuk refreshing, atau mengisi waktu luang. Terdapat jenis game 2D dan 3D. Game 2D memiliki objek yang hanya lerletak pada satu bidang serta gerakannya terbatas pada bidang tersebut. Gerakan objek dari game 2D hanya ke kiri dan ke kanan. Maka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran anak dirancanglah game edukasi yang berbasis 2D yang bertujuan sebagai wadah dalam bermain serta belajar. Perancangan game menggunakan metode waterfall yang dibuat secara berurutan sehingga tahapan demi tahapan akan diselesaikan secara sistematis dan tidak dapat melewati tahapan. Didalam game pemain akan menjalankan karakter sehingga bertemu dengan orangtua dan berusaha membantu kendala orangtua tersebut. Hal ini menjadi pesan moral bagi tiap pemain. Game petualangan anak ini menjadi sarana bagi anak-anak untuk bermain dan belajar dengan mudah karena dapat diakses dimana dan kapan saja.  

Kata Kunci - 2D Game, Game Engine, Unity, C #, waterfall


Keywords


2D Game, Game Engine, Unity, C #, waterfall

Full Text:

PDF

References


S. Ai, E. Santoso, G. S. B. M, and R. I. Eng, “Pembuatan Game dengan Menerapkan Metode Decision Tree : UCB1 , untuk Menentukan Pemilihan,” 2017.

A. . Kevin, “Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Macromedia Flash Menggunakan Metode Waterfall,” Simki-Techsain, vol. 1, no. 7, pp. 1–10, 2017.

R. Supardi, “Pembuatan Game Balap Kelinci dengan Unity Berbasis Android,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 19–26, 2021.

Muliadi, “Pembutan Geme Platformer ‘ BEYOND ’ Mengguanakan Unity dengan xbox 360 Controller,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Infromasi, pp. 348–356, 2016.

L. S. Mongi, A. S. M. Lumenta, and A. M. Sambul, “Rancang Bangun Game Adventure of Unsrat Menggunakan Game Engine Unity,” J. Tek. Inform., vol. 13, no. 1, 2018, doi: 10.35793/jti.13.1.2018.20191.

A. Suryadi, “Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall,” J. Petik, vol. 3, no. 1, p. 8, 2018, doi: 10.31980/jpetik.v3i1.352.

T. Ardyanto and A. R. Pamungkas, “Pembuatan Game 2D Petualangan Hanoman Berbasis Android,” vol. 23, no. 2, pp. 14–17, 2017.

J. I. Informatika and D. Anyangsen, “Aplikasi Game Edukasi Belajar Menghafal Huruf dan Angka Berbasis Android dengan Metode Prototype Master Edison Siregar 1,” vol. IV, no. 2, pp. 1–8, 2019.

B. Pane, X. Najoan, and S. Paturusi, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia,” J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, 2017, doi: 10.35793/jti.12.1.2017.17793.

A. Nugroho and B. A. Pramono, “Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Vuforia Dan Unity Pada Pengenalan Objek 3D Dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang,” J. Transform., vol. 14, no. 2, p. 86, 2017, doi: 10.26623/transformatika.v14i2.442.




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v5i1.1779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JurTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License