IMPLEMENTASI PENGGUNAAN WEB DENGAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGAMENT DI TENGAH PERSAINGAN ANTAR PEDAGANG KOPI

Afdhal Syafnur

Abstract


Abstract - Coffee is a beverage that has been popular in Indonesia, the coffee business is an interesting object to make a business opportunity. The rise of competing coffee traders now makes businesses do innovation in attracting customers and retaining customers. Customer relationship management (CRM) is a method that can be made in the promotion, service and sales process. In this information technology era, the use of web sites will be more efficient in introducing business, wide reach and easy to access anytime, anywhere. Application of the website with the customer relationship method can answer the challenges in business competition in this information technology era.

Abstract – Kopi merupakan minuman yang telah popular di Indonesia, bisnis kopi merupakan objek menarik untuk di jadikan sebuah peluang usaha. Maraknya persaingan pedagang kopi saat ini membuat para pelaku bisnis melakukan inovasi dalam menarik pelangga dan mempertahankan pelanggannya. Customer relationship manajement (CRM) merupakan sebuah metode yang dapat dijadikan landasan dalam proses promosi,pelayanan dan penjualan. Di era teknologi informasi ini, penggunaan website akan lebih efisien dalam melakukan sebuah pengenalan bisnis , jangkuan luas dan mudah di aksesk kapanpun dan dimanapun. Penerapan website dengan metode customer relationship mampu menjawab tantangan dalam persaingan bisnis di era teknologi informasi ini.

 



Keywords


Sistem Informasi, Web, Customer Relationship Management, Kopi.

Full Text:

PDF

References


A. Carissa, “PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus pada Bandung Sport Distro Malang),” J. Adm. Bisnis, vol. 15, no. 1, 2014.

I. Kholil, “Customer Relationship Management ( Crm ) Berbasis Web,” J. Pilar Nusa Mandiri Cust., vol. 13, no. 1, pp. 43–48, 2017.

Kusnandar, T. Penerapan Crm Dengan Sistem Informasi Berbasis Web Untuk Kepuasan Pelanggan. Jurnal Computech & Bisnis, 5(1), 6–13. http://jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/60. 2011

Pramudiya, H. E., Dri Handarkho, Y., & Rahayu, F. S. Dolannan Puzzle. 257–268. 2015

Lumintang, M. C. L. C. Promosi Dan Customer Relationship Management Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 1033–1042. 2013

Hamidin, D. Model Customer Relationship Management ( Crm ) DI INSTITUSI PENDIDIKAN. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2008 (SNATI 2008), 2008(Snati), 31–34. 2008

Oktariana, Y., Fauzi, A., & Kumadji, S. Faktor-Faktor Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan) Dalam Mewujudkan Kepuasan Anggota Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Anggota. Jurnal Profit, 6(2), 149–162. 2012

Yahya W, Y. Penerapan CRM (Customer Relationship Management) Pada Perusahaan Dagang. Penjualan Motor, 1(Bisnis Intelejen), 1–14. 2015

Ningsih, N. W., Suharyono, & Yulianto, E. Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Pt Astra Internasional, Tbk-Tso Auto2000 Cabang Denpasar). Jurnal Administrasi Bisnis, 30(1), 171–177. 2016

Mokodongan, A. Analisis Penerapan Program Customer Relationship Management Hubungannya Dengan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Di Swiss Belhotel Maleosan Manado). 7, 240–271. 2010




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v3i2.1025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JurTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License