PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERINTEGRASI NILAI-NILAI KEBANGSAAN

Yanty Maria Rosmauli Marbun, Lois Oinike Tambunan, Christa Voni Roulina Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kevalidan pengembangan dan kepraktisan penggunaan modul matematika pada mata kuliah struktur aljabar dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berintegrasi nilai-nilai kebangsaan. Penggunaan bahan ajar dan penyediaan media pengajaran yang bermacam-macam akan sangat berguna bagi mahasiswa untuk belajar sesuai dengan cara belajar yang berbeda-beda. Maka dari itu bahan ajar yang lebih efektif digunakan adalah modul yang menggunakan model pembelajaran. Modul merupakan satu unit program belajar mengajar terkecil yang unsur-unsur modul terdiri dari pedoman dosen , lembar aktifitas mahasiswa, lembaran tes, kunci lembaran tes. Urgensi utama penelitian ini adalah untuk mengungkap realita penyelenggaraan pembelajaran berbasis KKNI di Era Revolusi Industri 4.0 yang dilakukan dosen di lapangan saat ini, khususnya oleh dosen prodi Pendidikan Matematika UHKBPNP. Selanjutnya diharapkan dapat menjadi bahan referensi oleh dosen dalam penyusunan bahan ajar disetiap mata kuliah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D) menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Define, Design, Develop, Disseminate. Hasil yang di peroleh adalah modul matematika pada mata kuliah struktur aljabar dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) valid, dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: pengembangan, Team Assisted Individualization (TAI), modul matematika


Full Text:

PDF

References


Amiluddin, R., & Sugiman, S. (2016). Pengaruh problem posing dan PBL terhadap prestasi belajar, dan motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 100–108. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.7303

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Fitri, A., Netriwati, N., & Andriani, S. (2021). Sigil Software sebagai Pengembangan E-Modul Pembelajaran Matematika. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(1), 1. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.8492

hasniwati. (2020). PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM Wawancara Dengan Guru Matematika SMP Negeri 9 Bengkulu Tengah. 2507(February), 1–9.

Mardiah, S., Widyastuti, R., & Rinaldi, A. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 119. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2228

Sumaryanta, S., Priatna, N., & Sugiman, S. (2019). Pemetaan Hasil Ujian Nasional Matematika. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6(1), 543–557. https://doi.org/10.53717/idealmathedu.v6i1.38




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v8i2.3966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.