Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa FKIP Pendidikan Matematika

Elsadday Br Manalu

Abstract


Perkembangan teknologi dan informasi telah membawa generasi muda khususnya pada tingkat mahasiswa saat ini ke dalam dunia literasi digital. Perkembangan teknologi dan informasi saat ini seharusnya dapat menginspirasi mahasiswa untuk lebih efektif menggunakan pengetahuan melalui literasi digital di bidang akademik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan, memberikan gambaran secara sistematis kemampuan literasi digital mahasiswa FKIP Pendidikan Matematika di universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah. Partisipan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP Pendidikan Matematika semester II di Universitas Muslim Nusantara Alwasliyah yang berjumlah 17 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen berbentuk angket  sebanyak 28 pernyataan berdasarkan delapan elemen literasi digital yang telah divalidasi oleh validator kemudian disebarkan melalui googleform. Jenis angket atau kuesioner pada penelitian ini adalah kuesioner tertutup menggunakan skala likert 1-4. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat di tarik kesimpulan bahwa mahasiswa FKIP Pendidikan Matematika di universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah telah memiliki kemampuan literasi digital yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari persentasi delapan elemen literasi digital sebesar 64%.


Full Text:

PDF

References


Amaliyyah, R. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik Dalam E-Learning Fisika Selama Pandemi Covid-19. 6.

Asari et al. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Bibliotika. Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 98–104.

Belshaw, D. A. (2012). What is ‘ digital literacy ’? Douglas A . J . Belshaw. Durham E-Theses Online, 0, 0–274. http://etheses.dur.ac.uk/3446

Cangara, H. (2015). Pengantar ilmu komunikasi (2nd ed., p. 67). PT. Raja Grafindo Persada.

Fuadiah, S. M. P., & Fahriza, N. (2019). Jurnal Silogisme. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 2(2), 74–83.

Güneş, E., & Bahçivan, E. (2018). A mixed research-based model for pre-service science teachers’ digital literacy: Responses to “which beliefs” and “how and why they interact” questions. Computers and Education, 118(1), 96–106. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.11.012%0A

Guslisnawati, & Syafitri, E. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Pbl Berbasis Stem. Jurnal Matematics Paedagogic, Vii(1).

Hari Siswoko, K. (2017). Kebijakan Pemerintah Menangkal Penyebaran Berita Palsu Atau “Hoax.” Jurnal Teknik Sipil Usu, 6(1), 13–19.

Mckenna, M. C., Robinson, R. D., & Robinson, R. D. (2015). Literacy : Definition (Vol. 34, Issue 3, Pp. 184–186).

Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 33. Https://Gln.Kemdikbud.Go.Id/Glnsite/Wp-Content/Uploads/2017/10/Cover-Materi-Pendukung-Literasi-Finansial-Gabung.Pdf

Rasudi, Ariswoyo, S., & Mujib, A. (2020). Jurnal Matematics Paedagogic. Jurnal Matematics Paedagogic, Iv(2), 163–174.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v8i1.3709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.