Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ma Al Ittihadiyah Pada Materi Kombinasi

Nadya Armayani, Yayuk Ananda Pratiwi, Ramawati Ramawati, Ramadan Shaputra, Nurdalilah Nurdalilah

Abstract


Abstract

Mathematics is a subject with a concept of how to solve it. Mathematics is also a subject that can be found in education, trading, buying and selling, work, and other daily activities. Combination is the arrangement of an object regardless of the order. The purpose of this research was to find out the standard of the subject's mathematical understanding ability. This research was conducted with a subject of 33 students who attended MA AL ITTIHADIYAH in Medan City with the results of the study getting 2 types of students, namely high ability students reaching 93% and students' moderate ability reaching 7%. The results are obtained through a pilot test in the form of 2 questions with 1 essay and 1 multiple choice question.

Keywords : Understanding Of The Problem, Combination, Qualitative         

 

Abstrak

Matematika merupakan mata pelajaran dengan memiliki konsep cara penyelesaian. Matematika juga merupakan mata pelajaran yang dapat di temukan di pendidikan, perdagangannya jual beli, pekerjaan, serta kegiatan sehari-hari lainnya. Kombinasi merupakan penyusunan suatu objek tanpa melihat urutannya. Tujuan di adakan penelitian ini ialah untuk mengetahui standard kemampuan pemahaman matematis subjek. Penelitian ini dilakukan dengan subjek berjumlah 33 siswa yang bersekolah di MA AL ITTIHADIYAH di Kota Medan dengan hasil penelitian mendapatkan 2 type siswa yaitu kemampuan tinggi siswa mencapai 93% dan kemampuan sedang siswa mencapai 7%. Hasil di dapat dengan melalui tes uji coba berbentuk 2 soal dengan 1 essay dan 1 soal pilihan berganda.

Kata Kunci : Pemahaman Masalah, Kombinasi, Kualitatif


Full Text:

PDF

References


Fasaenjori, H., Maimunah, M., & Yuanita, P. (2023). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Filmora untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas 12 SMA/MA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1840-1854.

Hafidz, M., & Masriyah, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Pembelajaran Permutasi dan Kombinasi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 126-135.

Hidayat, E. I. F., Yandhari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106-113.

Ici, I., Mais, A., & Ariyanto, D. (2022). Pengaruh Kombinasi Media Papan Flanel Dan Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Vokal Pada Siswa Tunagrahita Sedang Kelas IV Di SDLB Bhakti Luhur Jember. SPEED Journal: Journal of Special Education, 6(1), 16-21.

Latifa, A. N., Setyansah, R. K., Ningsih, M. K., & Malawi, I. (2022). Pengembangan Media Manipulatif Puzzle Game pada Materi Kombinasi Permutasi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(5), 1457-1466.

Prastitasari, H., Fitria, M., Jumadi, J., Sunarno, S., Annisa, M., & Prihandoko, Y. (2022). Peningkatan prestasi matematika siswa sekolah dasar dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran PBL, SR, dan QOD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1792-1804.

Ramadhan, A., & Eminita, V. (2022). Pengaruh Penggunaan Kombinasi Model Probing Prompting Dan Metode Resitasi Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 474.

Rochim, A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Permutasi Dan Kombinasi Berdasarkan Kemampuan Matematika Di Smkn 1 Purwoasri. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(3), 265-276.

Septia, Y. L., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2022). Pengembangan media baret berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 35-47.

Wulandari, D., Pujiastuti, H., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Analisis Pemahaman Matematis pada Materi Permutasi dan Kombinasi. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(3), 200–209.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v8i1.3657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.