PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM SOLVING BERBANTUAN ROBOCOMPASS PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KARTESIUS

Rizka Apriyani Putri, Damris Damris, Jefri Marzal

Abstract


Penelitian pengembangan ini menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Solving dan menggunakan software Robocompass sebagai media untuk simulasi. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan lembar kerja peserta didik yang dapat memberikan pengalaman baru pada siswa dengan menggunakan keterampilan ICT menggunakan software Robocompass. Model pengembangan menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carey. Tahapan dari model ADDIE adalah Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil dari penelitian pengembangan menunjukkan bahwa produk valid dan adanya aktivitas siswa, hal ini dapat dilihat dari skor lembar aktivitas siswa yaitu 66,45% dan adanya efek setelah menggunakan produk berdasarkan hasil post-test yaitu 87,10%. Sehingga produk dapat digunakan oleh guru dan siswa di SMP, khususnya pada materi system koordinat kartesius di kelas VIII SMP.

Kata Kunci : Problem Solving, Robocompass, Sistem Koordinat Kartesius, Lembar Kerja Peserta Didik


Full Text:

PDF

References


Branch, R.M. 2009. Instructional Design:The ADDIE Approach. USA: Springer.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Granito.M., Chernobilsky.E. 2012. The Effect of Technology on a Student’s Motivaton and Knowledge Retention. University Connecticut: NERA Conference Proccedings.

Indarwati, D. 2014. Peningkatan Ke-mampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Skrpsi: Salatiga.

Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Marzano, Robert.J. 1988. Dimensions of Thinking: Framework for Curriculum and Instruction. Washington D: Office of Educational Research and Improvement (ED).

Nurliawaty, Lilis. 2017. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Polya. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol 6, No. 1, Hal 1-10.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Sampurno, J.P. 2015. Implementasi Kurikulum 2013: MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) dalam Pembelajaran Fisika melalui Lembar Kerja Siswa Pada Materi Optik di SMA. Jurnal Fisika Indonesia. Vol. 19, No. 55, Hal 54-58.

Suhendri, H., Mardalena.T. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Universitas. Jurnal Formatif. Vol. 3, No.2, Hal 105-114.

Wakil Menteri Bidang Pendidikan dan Kebudayaan R.I. 2004. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. PDF dokumen. Diambil dari https://kemdikbud,go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wamendik.pdf.

Wardhani, S. 2010. Implikasi Karakteristik Matematika Dalam Pencapaian Tujuan Mata Pelajaran Matematika di SMP/MTs. Bahan Ajar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika.

Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v3i1.355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.