Pengaruh Course Review Horay Berbantuan Aplikasi Matrix Operations Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Syahriani Sirait, Feby Keswanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Swasta Al-Arifin Rahuning tahun ajaran 2022/2023 yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Course Riview Horay berbantuan aplikasi Matrix Operations dibandingkan dengan yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al-Arifin Rahuning. Dua kelas dipilih secara acak untuk dijadikan sampel penelitian. Kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Course Riview Horay berbantuan aplikasi Matrix Operations sedangkan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa skor kemampuan berpikir kritis siswa yang dianalisis dengan uji-t. berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Course Riview Horay berbantuan aplikasi Matrix Operations lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Course Riview Horay Berbantuan Aplikasi Matrix Operations, Model Pembelajaran Langsung, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Full Text:

PDF

References


Maryam, M. S., & Zanthy, L. S. (2019). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas XI SMK pada materi matriks dengan penerapan pendekatan Reciprocal Teaching. Joe, 01(03), 155–165.

Mursid, R., & Yulia, E. (2019). Pengembangan Pembelajaran dalam Teknologi Pendidikan di Era RI 4.0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Peran Teknologi Pendidikan Dalam Mengembangkan Dan Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik Di Era Revolusi Industri 4.0, 35–42.

Noviyanti, T. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Search, Find, And Construct Together (SFCT) Pada Materi Matriks Kelas XI SMA Negeri 2 Malang. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 37. https://doi.org/10.33474/jpm.v5i1.2628

Pertiwi, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Smk Pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 793–801.

Sipayung, T. N. (2021). Pelatihan Penerapan Model Course Review Horay (CRH) Dalam Pembelajaran Matematika SMP. Madaniya, 2(3), 274–282. https://doi.org/10.53696/27214834.90

Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). AKSIOLOGI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Kajian Tentang Manfaat dari Kemampuan Berpikir Kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682

Wahyuningtyas, C. D., & Wulandari, S. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran

Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Memahami Administrasi Kelas OTKP SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 340–350. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p340-350

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik-Revisi Ke X.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v8i1.3435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.