ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SISWI KELAS XI PADA TOPIK PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI

Nadya Armayani, Putri Zakiah, Sri Devi Wahyuni, Ramadhani Ramadhani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah anak didik pada konsep trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa-siswi kelas XI IPS MA AL ITTADIYAH di Kota Medan dengan sebanyak 21 anak didik. Data yang di peroleh melalui tes tertulis terhadap siswa. Tes tertulis berupa 4 buah soal yang sudah mendapatkan validasi oleh Dosen Trigonomeri. Wawancara yang diberikan berupa tanya jawab secara langsung kepada siswa-siswi. Data yang di peroleh melalui hasil tes tertulis, yaitu Hasil data yang di analisis menggunakan persentase dari hasil jawaban tes soal siswa. Hasil penelitian menunjukkan yang berkemampuan tinggi sebanyak 50,5% dengan hasil yang sesuai standart jawaban soal, 23,82% siswa dengan kemampuan sedang melakukan kesalahan karena kurang teliti dan terlalu tergesa-gesa pada saat mengerjakan soal, dan 23,68% siswa dengan kemampuan rendah karena kurangnya pengetahuan siswa terhadap rumus-rumus pada materi trigonometri sehingga siswa kesulitan dalam mengerjakan soal yang di berikan.


Full Text:

PDF

References


Tunnajach, N. F., & Gunawan, G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Kontekstual pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Perbedaan Gender. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 7-14.

Sari, Y. P., Kamid, K., & Rusdi, M. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Terhadap Pembelajaran Trigonometri Secara Online Berbantuan Android Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 58-68.

Shofiah S, Lukito A, Yuli T, Siswono E. (2018) Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Pengajuan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Topik Trigonometri. Kreano J Mat Kreat, 9(1):54-62.

Nurmeidina R, Lazwardi A, Nugroho AG. (2021) Pengembangan Modul Trigonometri Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. AKSIOMA J Progr Stud Pendidik Mat, 10(1):15.

Hitalessy M, Mataheru W, Ayal CS. (2020) Representasi Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-Siku Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis, Linguistik Dan Visual Spasial. J Magister Pendidik Mat, 2(1):1-15.

Saputra R, Rosita CD, Maharani A. (2020) Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Topik Trigonometri. J Cendekia JPendidik Mat, 4(2):857-869.

Setiana NP, Fitriani N, Amelia R. (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Trigonometri Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. JPMI (JurnalPembelajaran Mat Inov, 4(4):899-910.

Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMK pada materi trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28-39.

Herizal, H., Suhendra, S., & Nurlaelah, E. (2020). Pengaruh Kemampuan Memahami Bukti Matematis terhadap Kemampuan Mengonstruksi Bukti Matematis pada Topik Trigonometri. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 017-024.

Ningsih, A. A., Utami, C., & Wahyuni, R. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. Journal of Educational Review and Research, 3(1), 6-13.

Afdila, N. F., & Manaf, A. (2022, February). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas XI. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 28-35).

Indrahapsari, B., Sujatmiko, P., & Chrisnawati, H. E. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas X SMKN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 3(5), 483-490.

Mulyani, M., & Muhtadi, D. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri tipe higher order thinking skill ditinjau dari gender. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 1-16.

Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis pemahaman konsep matematis mahasiswa pada mata kuliah trigonometri. Jurnal Gantang, 5(2), 123-132.

Siahaan, E. M., Dewi, S., & Said, H. B. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan teori polya ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent pada pokok bahasan trigonometri kelas x SMA N 1 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 100-110.

Kaliky, S. & Juhaevah, F. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA dalam menyelesaikan masalah identitas trigonometri ditinjau dari gender. Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 111-126.

Kepa, S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Perbandingan Trigonometri Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri 1 Banda Neira. PEDAMATH Journal on Pedagogical Mathematics, 1(2), 72-85.

Insani, M. I., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Epistemological Obstacle Siswa SMA pada Materi Trigonometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 547-558.

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-39.

Azwardi, G., & Sugiarni, R. (2019). peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran LAPS-heuristik. Pi: Mathematics Education Journal, 2(2), 62-68.

Kamauko, N. M., Garak, S. S., & Samo, D. D. (2020). Efektivitas Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Trigonometri. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 163-178.

Faoziyah, N. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan STEM Berbasis PBL. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 50-64.

Priatna, N., Avip, B., & Sari, R. M. M. (2022). Efektifitas Project Based Learning-STEM dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Trigonometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 151-161.

Iskandar, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas X SMAN 1 Balai Riam Pada Materi Trigonometri Menggunakan Model Jigsaw. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 182-191.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v7i2.3171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.