ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT PENYELESAIAN STUDI MAHASISWA PROGRAM S1 PGSD UNIVERSITAS TERBUKA

Sondang Purnamasari Pakpahan, Syahriani Sirait

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya mahasiswa yang tidak dapat lulus tepat waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apa sajakah faktor penghambat penyelesaian studi mahasiswa program S1 PGSD Universitas Terbuka. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program Studi PGSD yang belum menyelesaikan studi tepat waktu. Sampel diambil dengan cara random sampling dengan mempertimbangkan presentasi secara proposional dari setiap Kab/Kota yang dipilih   sehingga mencapai 200 mahasiswa. Kab/Kota yang dipilih adalah  Asahan, Batubara dan Tobasa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan kuesioner/pertanyaan kepada responden Program Studi PGSD S-1 yang belum menyelesaikan studinya sampai batas waktu yang ditentukan sesuai Kurikulum S1 PGSD. Dari hasil penelitian dan analisis data diperoleh bahwa selain faktor karakteristik mahasiswa ada beberapa faktor lain yang menjadi penghambat penyelesaian studi mahasiwa S1 PGSD UPBJJ-UT yaitu motivasi belajar mahasiswa, cara belajar mahasiswa dan layanan UT. Rata-rata skor dari seluruh variabel termasuk dalam kategori baik.


Full Text:

PDF

References


Amira, Nor. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terlambatnya Penyelesaian Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau. JOM FISIP. Vol. 3, No. 2

Baharuddin dan Wahyuni, Esa Nur (2010) Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Belawati, Tian. (1999). Pendidikan Jarak Jauh dan Terbuka. Universitas Terbuka: Jakarta.

Borus, M. E. dan Carpenter, S. A. (1984). Choice in Education, dalam Youth and The Labor Market (Ed. M.E. Borus). Kalamazoo, MI : W. E. Upjohn Institute for Employment Research, B2 (6).

Dedi, S. dkk . (2016). Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar, dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S1 PGSD Masukan Sarjana di UPBJJ-UT Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar | Vol. 8. No.2 Juli 2016 Hal 163-177

Efendi, Agus. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Ekstrom et al (1986). Who Drop Outs of High School and Why ? Findings From a National Study. Teachers College Record, 87.

Fine, M. (1986). Why Urban Adolescents Drop Into and Out of Public High School. Teachers College Record, 87.

Khasanah, Anna Khalida. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Semarang Tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian: Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.

Kolstad, A.J. dan Owings, J.A. (1986). High School Drop Outs Who Change Their Minds About School. Paper Presented at The Annual Meeting of The American Educational Research Association, San Francisco.

Kusnendar, dkk. (2012) Analisis Penghambat Penyelesaian Studi Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Panduan Belajar di UT (2017). Jakarta: Universitas Terbuka

Pannen, Pauline, dkk. (1999). Cakrawala Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Pujiyanto. (2005) Pengaruh “Bekerja” terhadap Prestasi Mahasiswa Progam Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra UM. Jurnal Bahasa dan Seni, (1): 148-164.

Putri, Dinnar T.N dan Isnani, Gatot (2015). Pengaruh Minat dan Motivasi terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 1 (2): 118 -124.

Uno, H.B (2009). Model Pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan Efektif. Pontianak: Sinar Garfika Offset

Rusmiasih (2013) Pengaruh Motivasi dan Disiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA N 10 Purworejo. Jurnal OIKONOMIA, 2 (3): 189-194

Silvana, Andy dan Alwi, Muh (2016). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian BelajarTerhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Penerima Bidik Misi Universitas Terbuka Pada Unit Program Belajar Jarak Jauh UT Makasar, Seminar Nasional VIII 2016 Fakultas Ekonomi UT: Challenge and Strategy Faculty of Economics and Business in Digital Era, 24 November 2016, Balai Sidang Universitas Terbuka (UTCC).

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta.

_______. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudharta, Nurwidi A. (2012) Prestasi Belajar Mahasiswa Angkatan 2008 sampai 2010 di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta Ditinjau dari Aktivitas Bekerja dan Cara Belajar Mahasiswa. Skripsi thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sumartini dan Disman. 2018. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyelesaian Studi Tepat Waktu Serta Implikasinya Terhadap Kualitas Lulusan. Indonesian Journal of Economics Education. Vol. 1, No.1.

Supiana (2013) Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XC pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. Artikel Penelitian. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak.

Wehlage, G.G. dan Rutter, R.A. (1986). Laporan Penyelenggaraan Kajian Penyempurnaan Modul Semester III di UPBJJ Medan. UT : Puslitabmas.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v7i1.2820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.