ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION

Nurhapnika Nasution

Abstract


Abstrak
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode studi kasus, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Setelah diajar dengan model Group Investigation (GI), pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 35 Medan. Dan untuk mengetahui kesulitan siswa kelas VIII di SMP Negeri 35 Medan, dalam berpikir kreatif matematis ditinjau dari indikator berpikir kreatif. Subjek penelitian ini adalah siswa/I kelas VIII SMP Negeri 35 Medan yang berjumlah 32 siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan yang diajar melalui model Group Investigation (GI). Dari hasil penelitian diperoleh (1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari indikator berpikir kreatif, setelah diajar dengan model Group Investigation (GI) pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 35 Medan, diketahui memiliki kategori rendah. (2) Kesulitan-kesulitan siswa kelas VIII di SMP Negeri 35 Medan, ditinjau dari indikator berpikir kreatif setelah diajar dengan menggunakan model Group Investigation (GI), yaitu kesulitan memberikan jawaban yang berbeda dan jarang diberikan oleh siswa, menyelesaikan dan menghasilkan dua cara penyelesaian dengan benar dan lengkap, dan ketidaklengkapan pengetahuan, dan mengembangkan suatu gagasan yang baru.
Kata Kunci : Berpikir Kreatif Matematis, Group Investigation (GI)


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2018). Pendidikan Bagi Anak kesulitan Belajar. PT. Rineka Cipta.

Agus. (2015). PERMENDIKNAS. 2005–2006. https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/isi/Permen_22_2006.pdf

Ansari, B. I. (2018). Komunikasi Matematika (konsep dan aplikasi). penda.

Kusunnah. (2015). Inovasi Pembelajaran Matematika dalam Implementasi Kurikulum 2013. FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Moelong, L. J. (2010). Lexy J. Moelonga. PT. Remaja Rosdakaria Offset.

Munandar. (2018). Perkembangan Kreativitas Anak Berbakat. PT. Rineka Cipta.

Ngalimun. (2017). Strategi dan Model Pembelajaran. Presindo.

Rusman. (2017). Model-model pembelajaran. PT. Raja Gravindo Persada. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=mKhADwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=RUSMAN+MODEL+MODEL+PEMBELAJARAN&ots=QAQKccaMD1&sig=YMS5claix_LwwyPgoGYP_-Dv9qY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Tabany, T. I. B. Al. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual - Trianto Ibnu Badar Al-Tabany - Google Books. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=S_rJDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR4&dq=mendesain+model+pembelajaran+inovatif-progresif&ots=ZjvcVLiLJI&sig=TM0bJmqmIMch-ba6TEWJq1iZNBE&redir_esc=y#v=onepage&q=mendesain model pembelajaran inovatif-progresif&f=false




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v7i1.2536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.