ANALISIS PROSES BERFIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PjBL

Melinda Rismawati, Anita Sri Rejeki Hutagaol, Olenggius Jiran Dores

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran secara daring menjadi pilihan model pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi. Selama pandemic ini, siswa mengalami banyak kesulitan terutama belajar matematika secara online. Tujuan dari penelitian ini dilakukan yaitu untuk menjelaskan proses berfikir siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PjBL. Data dikumpulkan melalui pemberian tes, wawancara tidak terstruktur serta dokumentasi kepada 3 siswa dengan tingkat kognitif tinggi dilihat dari hasil belajar dan juga rekomendasi guru. Keabsahan data diuji dengan menggunakan trianggulasi, data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi, serta penarikan kesimpulan. Proses berfikir siswa  , ,dan  dalam menyelesaikan soal matematika PjBL dengan langkah start with the essensial question, design a pland for the project, create a schedule, monitor the students and the progress, assess the outcome and evaluate the experience.

Full Text:

PDF

References


Chiang,C. L., & Lee, H. (2016). The Effect of Project Based Learning on Learning Motivation and Problem- Solving Ability og Vocational High School students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9):709-712. http://doi.org/10.7763/IJIET.216.V6.779.

Cruickshank, D.R., Jenkins, D.B., & Metcalf, K.K. (2006). The act of teaching, 4 Thedition, NY: Mc Graw Hill http://edukasielektro.blogspot.com/2013/05/pembelajaran-berbasis-proyek.html diakses tanggal 11 November 2021

Huda. C. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecakan Masalah Matematikadengan Model Pembelajaran Treffinger pada Materi Pokok Keliling dan Luas Persegi panjang. (Online), http://digilib.Sunan-ampel.ac.id

Kemdikbud. (2014). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 tahun ajaran 2014/2015: Mata pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kuswana, Wowo Sunaryo. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif (XXIX ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States: NCTM

Nurmasari, N., Kusmayadi, T. A., & Riyadi. (2014). Analisis Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Peluang Ditinjau dari Gender Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kota Banjararu Kalimantan Selatan. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika UNS.

Octarani. D.,& Rambe. H. (2020). Model Pembelajjaran Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMA. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1):

Rismawati.M. 2016. Struktur Koneksi Matematis Siswa Kelas X pada Materi Sistem Persamaan Linear. Tesis. Universitas Negeri Malang.

Shin, M.-H. (2018). Effects of Project-based Learning on Students’ Motivation and Self-Efficacy. English Teaching, 73(1): 95-114. doi:10.15858/engtea.73.1.201803.95

Sugiyono. (2014). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (XX ed.). Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Ulfa, M. F., Dwijanto;, & Kartono. (2017). Keefektifan Model PBL dengan Pendekatan Open-ended pada Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Disposisi Matematis Siswa. Semarang: UJME.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v6i2.2457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.