ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA DAN PELUANG

Tesi Kumalasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi siswa dalam menyelesaikan soal statistika dan peluang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Pangeran Antasari yang terdiri dari 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data adalah tes tertulis dengan 4 butir soal essay. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase siswa yang memiliki kemampuan representasi dalam kategori tinggi adalah sebesar 13,33%, pada kategori sedang sebesar 50%, sedangkan pada kategori rendah sebesar 36,67%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh rata-rata kemampuan representasi siswa SMP Pangeran Antasari berada pada kriteria sedang. Secara umum siswa sudah mampu menggunakan kemampuan representasi dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika.


Full Text:

pdf

References


Archi, M. (2019). Paradigma pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: CV. IRDH Malang.

Aryanti, D., Zubaidah, & Nursangaji, A. (2013). Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tingkat Kemampuan Siswa pada Materi Segi Empat di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1).

Caprioara, D. (2015). Problem solving - purpose and means of learning mathematics in school. Procedia – Social and Behavioral Sciences 191 (2015) (pp.1859-1864).

Farhan, M. (2014). Keefektifan PBL dan IBL ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasi belajar. JRPM Vol 1, No 2 (2014).

Gagatis, A & Elia, Iliada. (2004). The effect of different modes of representation on mathematical problem solving. Proceeding of the 28th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, Vol 2 (pp. 447-454).

Hwang, W. Y., Chen, N. S., Dung, J. J. & Yang, Y. L. (2007). Multiple representation skills and creativity effects on mathematical problem solving using a multimedia whiteboard system. Educational Technology & Society. Ebsco Host. Vol. 10 (2) (pp.191-212).

Jinfa Cai & Lester. (2005). Solution representations and pedagogical representations in Chinese and U.S. classroom. Journal of Mathematical Behavioral 24(2005): (pp.221-237).

Kartini. (2009). Peranan Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Weni, G.A. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan pendekatan Problem Solving. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2020).




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v6i2.2436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.