Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar Siswa Teradap Hasil Belajar Siswa

Rianita Simamora, Eva Margaretha Saragih

Abstract


Abstract

This study aims to determine how the influence of study habits and interest in learning on mathematics learning outcomes for class X students of SMA Negeri 5 Pematangsiantar T.A 2020/2021. This research uses quantitative research. The population in this study were students of class X SMA Negeri 5 Pematangsiantar for the 2020/2021 academic year. Based on the analysis of the data obtained from the results of the study, there is a positive and significant influence between study habits and student interest in learning mathematics for students in class X SMA Negeri 5 Pematangsiantar. This is indicated by the obtained fcount of 5.224 with a probability of 0.011. Because the probability is much smaller than significant 0.05. This causes H0 to be rejected and Ha to be accepted so that student learning habits and interest in learning affect the mathematics learning achievement of class X SMA Negeri 5 Pematangsiantar.

 

Keywords: Study Habits, Student Interests, Student Achievement.

 

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 5 Pematangsiantar T.A 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2020/2021.  Berdasarkan analisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Hal ini ditunjukkan dengan diperoleh fhitung sebesar 5,224 dengan probabiltas 0,011. Karena probabilitas jauh lebih kecil dari signifikan 0,05. Hal ini menyebabkan H0 ditolak dan Ha diterima sehingga kebiasaan belajar dan minat belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 5 Pematangsiantar.

 

Kata kunci: kebiasaan belajar, minat belajar, Prestasi Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N. (2016). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VIII SMPN 27 Batam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.,Vol 01 No.02, 158-164,ISSN: 2502-7638.Terdapat di : Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 27 Batam - Neliti

Ahmadi , Abu & Widodo .2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Albarado, A. (2020). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Mts Khazana Kebajikan. Jurnal Pendidikan Matematika Fibonacci, Vol.6 No.2, 167-174.ISSN:2460-7797.Terdapat di : PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS KHAZANAH KEBAJIKAN | Albarado | FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (umj.ac.id)

Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Ayunitasari. 2014. Pengaruh Minat Belajar, Perhatian Orang tua dan Bimbingan Belajar di Luar Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII di SMA Negeri 2 Bantul. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Darmawan, R. 2015. Pengaruh Minat Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 01 Wonolopo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi tidak Diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Depdiknas, 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional. Terdapat di: https://www.google.com/search?client=firefox-b-d&q=UU+PENDIDIKAN+NO+20+THN+2003

Febriana. (2018). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengatasi Kebiasaan Belajar Buruk Siswa di SMP Negeri 1 UNAAHA. Jurnal Bening, Vol.2 no 2. Terdapat di: http://ojs.uho.ac.id/index.php/bening/article/view/10646

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika.Jurnal Pendidikan UNSIKA. Vol 3 no.1.ISSN 2338-2496. Terdapat di:

https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/199

Harita.S.(2020).Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Pematangsiantar T.A 2019/2020.skripsi

Humairah, A. 2016. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa di SD N Minasa UPA Kota Makassar. Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Islamiah, I. (2019). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, Vol.01 No.02, 451-457. ISSN: 2654-5497. Terdapat di :

PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMKN 1 CIHAMPELAS | Journal on Education (jonedu.org)

Kartika, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol.7 no 1. Terdapat di:

https://riset-iaid.net/index.php/jppi/article/view/360

Lasmanah, A. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Model Kooperatif Teknik Think Pair Share (TPS) Penelitian Tindakan Kelas terhadap siswa kelas VII 4 SMP Negeri Sukasari Sumedang. Jurnal Analisa, Vol.2 no 3. Terdapat di:

https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/article/view/1221

Mujianto, H.2019. “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar”. Jurnal komunikasi hasil pemikiran dan penelitian. Vol 5(1): 135-159.

Ningsih & Sari. 2017. "HubunganRasa Percaya Diri Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 16 Batam T.A 2016/2017". Terdapat di: https://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/1038

Ningsih, R. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Prodi Matematika, 73-84. ISSN : 2088-351X. Terdapat di:

https://journal.lppmunindra.ac.id › article › view

Novita, D. (2020). Pengaruh Peran Orangtua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa kelas VIII SMP N 3 Pematangsiantar T.A 2019/2020.Skripsi.

Pasaribu, D, dkk. 2017. “Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X Sman 10 Muaro Jambi”. Jurnal EduFisika . Vol. 2(1): 63

Rusmiyati, F. (2017). Pengaruh Kemandirian dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa kelas X SMA Negeri 1 Rongkop. Jurnal Pendidikan Matematik, Vol 5 no 1. Terdapat di:

https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/931

Siagian, R. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif Prodi Matematika, vol 2 No. 2. 122-131. ISSN: 2088-351X. Terdapat di:

HYPERLINK "https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/93" Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika | Flora Siagian | Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA (lppmunindra.ac.id)

Sinaga, T. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Siempat Nempu Hulu T.A 2019/2020. Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v6i1.2344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.