PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Dira Puspita Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs Swasta Al-Jam’iyatul Washliyah Stabat Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Simple Random Sampling. Subjek penelitian ini adalah 60 siswa terdiri atas kelas eksperimen 30 siswa dan siswa kelas kontrol 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang berbentuk uraian sebanyak 5 butir soal. Berdasarkan Nilai raat-rata posttest kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen sebesar 62,7433 dan nilai rata-rata posttest hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas kontrol sebesar 51,43. Setelah dilakukan uji regresi diperoleh thitung 5,52sedangkan ttabel pada taraf signifikan0,05sebesar 1,70 atau thitung> ttabel. Sehingga didapat bahwa model pe pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)  memiliki pengaruh sebesar 51,84%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.

Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Kemampuan pemahaman konsep matematika


Full Text:

PDF

References


Aprilia, Putri Richa, dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa, dalam Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung Volume 1, Nomor 6, 2013.

Depdiknas. Peraturan Materi Pendidikan Nasional Republik Indonesia Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Depdiknas : Jakarta, 2006.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlina. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata pena, 2015.

OECD, PISA 2012 Result: What Students Know And Can Do-Student Performance In Mathematich, Reading, And Science, Volume 1, 2014.

Sakti,Permana Sonni. Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Pemecahan Masalah (Problem Solving) dalam Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Ditinjau dari Peningkatan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.

Yanti, Ari Sri, dkk, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, dalam Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung Volume 1, Nomor 5, 2013.

Permendiknas. Tentang standar isi mata pelajaran matematika.Jakarta: 2006.

Pratama, Yosse,dkk, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis, dalam Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung Volume 3, Nomor 2, 2015




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.