PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLEXTING, EXTENDING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA

R. Maisaroh Rezyekiyah Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaranconnecting, organizing, reflexting, extending (CORE) terhadap kemampuankomunikasi matematis mahasiswa STKIP Budidaya Binjai jurusan pendidikan matematika pada matakuliah teori bilangan, semester 1(satu) tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian pretest posttest group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik simple random sampling. Semester 1 terdapat 3 kelas, yakni : 1a, 1b dan 1c dengan jumlah seluruhnya  95 siswa. Dari tiga kelas hanya satu kelas yang diambil sebagai kelas eksperimen, yaitu kelas 1c berjumalh 30 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rhitung = 0,48. Kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan rtabel = 0,36 dengan taraf signifikan 5% karena rhitung> rtabel atau 0,48 > 0,36 maka ha di terima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaranconnecting, organizing, reflexting, extending (CORE) terhadap kemampuankomunikasi matematis mahasiswa STKIP Budidaya Binjai Semester 1 jurusan matematika .

Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, connecting, organizing, reflexting, extending (CORE).


Full Text:

PDF

References


Al Humaira, Fadhilah, dkk (2014). Penerapan Model Pembelajaran CORE Terhadap Kemampuan Komu-nikasi Matematis Siswa, Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3, no. 1.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-DasarEvaluasi pendidikan , Jakarta: PT Bumi Aksara.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Renika Cipta. (2014).

Margono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Renika Cipta.

Putri, Agata Intan, dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CORE Terhadap kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, Jurnal CORE Komunikasi Matematis Pembelajaran Kooperatif.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Zayzafuun, FajarZukhruf. (2015). Jurnal Komunikasi Matematis, Pembelajaran CORE, Bandung




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.