Validitas Bahan Ajar Menggunakan Problem Based Learning Berorientasi PAKEM

Refnywidialistuti Refnywidialistuti

Abstract


The aim of this research is to develop a valid teaching material using Problem Based Learning PAKEM-oriented for fifth grade students of SDN 03 Muaro, Sijunjung District. The type of the research is Research and Development (R&D) with the development model used is the Plomp development model. This model consists of three stages, namely the initial investigation stage, the development stage and the assessment stage. The teaching material had been assessed by material experts and linguists before distributed to the students. The results showed that the teaching material using Problem Based Learning PAKEM-oriented is categorized valid with very high criteria in terms of content, construct, language and graphics.

 

Keywords: Problem Based Learning, PAKEM, validity

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggunkan pembelajaran berbasis masalah berorientasi PAKEM untuk menghasilkan bahan ajar yang sesuai untuk siswa kelas V di SDN 03 Muaro Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dan model yang digunakan adalah model pengembangan Plomp. Model tersebut meliputi tiga tahap, yaitu tahap investigasi pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Keefektifan buku ajar kelas V SD telah dievaluasi oleh ahli materi dan verifikator ahli bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah (PBL) berorientasi PAKEM memiliki standar yang sangat tinggi dalam isi, struktur, bahasa, dan grafik.

 

Kata kunci: Problem Based Learning, PAKEM, validitas


Full Text:

PDF

References


Arrends, Richard I. (2011). Learning To Teach. 9th ed. New York : McGraw-Hill

Ayuningsih, N. P. M. (2020). Validitas Isi Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Problem Based Learning dan Pendidikan Karakter. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 5(1), 54-61.

Boslaugh, Sarah & Watters, Paul A. (2008). Statistic in a Nutshell, a Desktopquick Reference. Beijing, Cambridge, Famham, koln, Sebastopol, Taipei, Tokyo: O’reilly.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Naional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Irwanti, H., & Zetriuslita, Z. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Model Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(2), 103-112.

Lathiifah, I. J., Apriani, F., & Agustine, P. C. (2019). Pelatihan pembuatan bahan ajar untuk pembelajaran Matematika dengan pendekatan Matematika realistik Indonesia. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 85-94.

Lestari, F., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 394-405.

Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran Matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112-125.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. AS-SABIQUN, 2(1), 7-17.

Suci, D. W., & Taufina, T. (2020). Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Berbasis Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 505-512.

Akker, J. V., Bannan, B., Kelly, A E., Nieveen, N., Plomp, T. (2013). Part A: Educational Design Research: An Introduction. Netherlands: SLO.

Rochmad, R. (2012). Desain model pengembangan perangkat pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72.

Setyowati, A. Pengaruh Metode Pakem Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pkn Siswa Kelas V SDN Gadingrejo 1 Dan 2 Kota Pasuruan. Improving Teachers Professionalism to Face the Global Education Challenges, 103.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v6i1.1877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.