KETERLAKSANAAN PENILAIAN BERDASARKAN KTSP PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X

Linda Feni Haryati, Heri Retnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: mengevaluasi keterlaksanaan penilaian berdasarkan KTSP di MA Lombok Barat, dilihat dari 6 komponen standar penilaian: (1) prinsip penilaian, (2) ketercakupan indikator, SK, dan KD pada soal ulangan, (3) kriteria ketuntasan belajar, (4) teknik dan instrumen penilaian, (5) mekanisme dan prosedur penilaian, (6) hasil penilaian dan pelaporan; menelaah instrumen penilaian dan; mengetahui kendala keterlaksanaannya. Jenis penelitian: evaluasi dengan discrepancy model. Teknik pengumpulan data dengan angket, wawancara dokumentasi dan telaah instrumen. Hasil penelitian menunjukkan: 1) prinsip penilaian kategori baik, (2) ketercakupan indikator, SK, dan KD pada soal ulangan kategori sangat baik, (3) kriteria ketuntasan belajar kategori kurang baik, (4) teknik dan instrumen penilaian kategori cukup baik, (5) mekanisme dan prosedur penilaian kategori sangat baik, (6) hasil penilaian dan pelaporan kategori baik; Instrumen penilaian yang digunakan masih kurang pada soal pemecahan masalah, lebih banyak pada pemahaman konsep dan penalaran; Kendala keterlaksanaan: waktu dan yang kurang mendukung.

 

Kata kunci: Penilaian KTSP

 


Full Text:

PDF

References


Airasia, P.W. 1991. Classrom assessment. New York: McGraw-Hill Companies.

Allan C & Francis P Hunkins. 2004. Curiculum foundation, principles and issues, (4th ed). University of Virginia: Allyn and Bacon.

Grounlound, N.E & Linn, R.L . 1990. Measurment and evaluation in teaching. New York: Mac-milan Publishing company.

Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengem-bangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudahar. 2009. Laporan pengawas pendais. Lombok Barat: Depag Lombok Barat.

Kementrian. 2007. Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 20 tentang standar penilaian pendidikan.

Peresiden. 2005. Peraturan Pemerintah, nomor 19 pasal 64 tentang Aspek-Aspek Penilaian.

---------- 2006. peraturan pemerintah, nomer 22 tentang standar isi.

Popham, W.J. 1995. Classroom assesment: what teachers need to know. Boston: Allyn and Bacon.

Susan SS, David Kember, Clara BS Lau, dkk. 2009. Instructional design and assessment: an outcomes-based approach to curriculum development in pharmacyamerican. Journal of Pharmaceutical Education 2009; 73 (1) Article 14. Published.

Toha, M. C. 2003. Teknik evaluasi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wulandari, E. 2009. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA 1 Narmada Mengunakan Metode TGT. Skripsi. Tidak dipublikasikan IKIP Mataram




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v1i1.152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.