KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM, GAME, TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Dina Aulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui keefektifan model pembelajaran Team, Game, Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar matematika siswa (2) Mengetahui keefektifan model pembelajaran Team, Game, Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian adalah Quasi Experimental dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design dengan satu macam perlakuan yaitu model pembelajaran  Team, Games, Tournament (TGT). Desain ini melibatkan satu kelompok yang diberi pretest, diberi treatment dan diberi posttest. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik Purposive Sampling yaitu dengan cara sampel bertujuan berdasarkan saran dari guru mata pelajaran, agar fokus pada subjek yang ingin diteliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TBSM A SMK Negeri 10 Muaro Jambi yang berjumlah 21 siswa. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa. Instrumen dalam penelitian ini meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran (Keterlaksanaan RPP), lembar angket motivasi dan Lembar tes hasil belajar. Perolehan uji hipotesis uji Paired Samples Tes Hasil belajar berdasarkan nilai signifikan yaitu 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara Pretest dan Posttest dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT efektif terhadap hasil belajar. Perolehan uji hipotesis uji Paired Samples Tes Motivasi belajar berdasarkan nilai signifikan 0,000 <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan rata-rata angket motivasi belajar awal sebelum dilakukan model pembelajaran TGT dan angket motivasi akhir setelah dilakukan model permbelajaran TGT efektif terhadap motivasi belajar matematika siswa.

     Kata kunci:  Model Pembelajaran TGT,  Motivasi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v5i1.1360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.