Literasi Matematika dalam Pengembangan LKM Berbasis HOTS Menggunakan Model PBL Melalui Daring

Anita Hutagaol

Abstract


Abstract

This research is a research development that aims to obtain validity, practicality, and effectiveness of Student Worksheets based on HOTS through online during on flat material and space, as an effort to describe students' mathematical literacy abilities. The development model used was the 4D model (Define, Design, Develop, and Disseminate). The research method, namely the descriptive method and design used during the implementation of Student Worksheets based on HOTS, refers to the stage of Classroom Action Research (CAR). The results of the Student Worksheets based on HOTS research that was developed show that: 1) validity is in very good criteria with an average score of 3.52 obtained from media and material experts; 2) practicality, obtained based on the results of interviews stating that the Student Worksheets based on HOTS is easy to use and the language is easy to understand; and 3) effectiveness, obtained through the ability of lecturers to manage to learn quite well with an average score of 3.6. Achieving the ideal percentage of time for student activities to meet the tolerance criteria of 5%. Student responses conducted through questionnaires after learning were very positive with an average score of 93.86. Student mathematics literacy ability test shows that 71.15% with medium criteria after participating in learning using the Student Worksheets based on HOTS developed. So it can be concluded that Student Worksheets based on HOTS using PBL models online have met the criteria for developing learning tools that are valid, practical and effective and are appropriate

Keywords: During, Mathematical Literacy, Problem Based Learning, Student Worksheets based on HOTS

 

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk memperoleh kevalidan, kepraktisan, dan keefektipan LKM Berbasis HOTS melalui daring pada materi bangun datar dan ruang, sebagai upaya mendeskripsikan kemampuan literasi matematika mahasiswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Difine, Design, Develop, and Disseminate). Adapun metode penelitian yakni metode deskriptif dan rancangan yang digunakan pada saat implementasi LKM berbasis HOTS mengacu kepada tahapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian LKM berbasis HOTS yang dikembangkan menunjukkan bahwa: 1) kevalidan berada pada kriteria sangat baik dengan rata-rata skor 3,52 yang diperoleh dari ahli media dan materi; 2) kepraktisan, diperoleh berdasarkan hasil wawancara menyatakan bahwa LKM berbasis HOTS mudah digunakan dan bahasanya mudah dimengerti; dan 3) keefektivan, diperoleh melalui kemampuan dosen mengelola pembelajaran cukup baik dengan rata-rata skor 3,6. Pencapaian persentase waktu ideal aktivitas mahasiswa memenuhi kriteria toleransi 5%. Respon mahasiswa yang dilakukan melalui pengisian angket setelah pembelajaran sangat positif dengan rata-rata skor 93,86. Tes kemampuan literasi matematika mahasiswa menunjukkan bahwa 71,15% dengan kriteria sedang setelah mengikuti pembelajaran menggunakan LKM berbasis HOTS yang dikembangkan. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa LKM berbasis HOTS menggunakan model PBL melalui daring telah memenuhi kriteria pengembangan perangkat pembelajaran yaitu valid, praktis dan efektif serta layak digunakan.

Kata kunci: Daring, Literasi Matematika, LKM Berbasis HOTS, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Coklin, W., & Manfro, J. 2012. Higher Order Thinking Skills to Develop 21st Century Learners. Huntington: Shell Education Publishing. Inc.

Istiandaru. Dkk. 2015. Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Realistik-Saintifik dan Asesmen PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Edumatica Vol 5 No. 1, April 2015. ISSN: 2088-2175. h. 1-11.

Kusumah, Yaya S. 2011. Literasi Matematis. Makalah disampaikan dalam seminar nasional Jurusan PMIPA FKIP Universitas Lampung Pada Tanggal 26 November 2011. Prosiding ISBN 978-979-8150-32-8.

Madyaratri, Y D. dkk. 2019. Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Pembelajaran Problem Based Learning dengan Tinjauan Gaya Belajar. Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, Universitas Negeri Semarang, 648-658.

OECD, 2016. PISA 2015 Result in Focus. New York: Columbia University.

Prabawati, dkk. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 37 Volume 8, Nomor 1, Januari 2019.

Prastiti, dkk. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis High Orderthinking Skills Pada Matakuliah Matematika Di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan, Volume 20, Nomor 1, Maret 2019, 40-52.

Prastowo, A. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rahmat, Hidayat. dkk. 2018. Peran Penerapan Model Problem Based Leaning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemandirian Belajar. Jornal for research in Mathematics Learning p-ISSN: 2621-7430 |e-ISSN: 2621-7422 Vol. 1, No. 3, Desember 2018, 213-218.

Setiawan, Harianto. dkk. 2014. Soal Matematika dalam PISA kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember, 19 November 2014. 244-25.

Teti. Hamdu, G. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Hots Berdasarkan Taksonomi Bloom di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 5, No. 3 (2018) 45-58.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v5i1.1349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.