Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK

Nurdalilah Nur Dalilah, Desniarti Desniarti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pendekatan matematika realistik  terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi statistika. Penelitian ini merupakan suatu penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian one group pretest posttest design.  Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kls XII SMK Taruna Tekno Nusantara. Sampel penelitian  kelas XII TKJ2. Instrumen yang digunakan adalah tes, selanjutnya data dianalisis dengan uji t (thitung). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh diperoleh thitung = 2,694 > ttabel = 2,03 pada taraf signifikansi  dengan membandingkan antara thitungdan ttabel atau 2,694 > 2,03. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa.

 

Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realisitk , Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Azhar,A.2012.MediaPembelajaran.Jakarta:Raja Grafindo Persada

Oemar,H.2011.Media Pendidikan.Bandung:Citra Aditya Bakti

Ridwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Sutarto. H. 2017. Pendidikan Matematika Realistik : Teori, Pengembangan, dan implementasinya. Jakarta:Kencana

Supardi, U. S. (2012). Pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar

Syahputra, E. (2013). Peningkatan kemampuan spasial siswa melalui penerapan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3)




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v5i1.1331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.