PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM KURIKULUM 2013

Eva Margaretha Saragih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan penalaran siswa yang menerima pembelajaran kontekstual dengan yang menerima pembelajaran konvensional. (2) Untuk melihat apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran kontekstual dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 dan SMP Negeri 2 Kisaran. Sampel yang dipilih adalah kelas VII-1 (kelas eksperimen), dan kelas VII-4 (kelas kontrol) pada SMP Negeri 6 Kisaran sedangkan pada SMP Negeri 2 Kisaran sampel yang dipilih adalah kelas VII-1 (kelas eksperimen) dan kelas VII-4 (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan penalaran dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data dilakukan dengan ANAKOVA. Hasil utama penelitian ini adalah: (1) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematik siswa SMP Negeri 6 dan SMP Negeri 2 Kisaran yang diberi pembelajaran kontekstual dengan pembelajaran konvensional. (2) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran yang digunakan dengan kemampuan awal terhadap kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematik siswa.


Full Text:

PDF

References


Ansari, B. I. (2009). Komunikasi Matematika Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh : Yayasan Pena.

Istiqomah, N. (2007). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Sekaran 2 pada Materi Pokok Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Pecahan dengan Menggunakan Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Bercirikan Pendayagunaan Alat Peraga dan Pendampingan Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi Universitas Negeri Semarang : Tidak diterbitkan. Tersedia online http://www.ask.com/web.universitas-negeri-semarang

(diakses 10 Mei 2013)

Lie, A. (2008). Cooperative Learning. Jakarta : PT Gramedia.

NCTM. (2000).Mathematic Assesment A Practical Handbook. Virginia, The National Council of Teacher Mathematic Inc.

Saragih, S. 2007. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis dan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Disertasi pada PPS, Bandung: UPI tidak diterbitkan.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i1.116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.